Ikut Sosialisasi Kompetisi Inovasi, Ajang Dukcapil Ceria Kembangkan Inovasi

By DUKCAPIL CERIA 05 Jun 2020, 11:08:03 WIB inovasi pelayanan
Ikut Sosialisasi Kompetisi Inovasi, Ajang Dukcapil Ceria Kembangkan Inovasi

Padang Pariaman, 24 Maret 2020

Sebagai salah satu unit kerja pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman wajib ikut dalam kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam rangka mengikuti KIPP tahun 2020, Dukcapil Ceria mengikuti Sosialisasi Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman di Aula Bapelitbangda Kabupaten Padang Pariaman, Selasa 24 Maret 2020. Dalam agenda ini tim Dukcapil Ceria diikuti oleh Andriyani, SE, MM (Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan), Ediwarman, SKM ( Kasi Inovasi ) serta Thio Vandi Safli, S.Kom.

Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman H. Jonpriadi, SE, MM. Dalam arahannya, Sekda meminta Organisasi Perangkat Daerah penyelenggaran pelayanan publik agar mendokumentasikan setiap inovasi yang ada di unit kerja masing-masing. Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah sebenarnya telah mengalami peningkatan, namun belum memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Oleh karena itu, dalam rangka mencapai visi dan komitmen tersebut memerlukan percepatan dan upaya luar biasa (keluar dari rutinitas, business as usual, dan monoton).  Dengan percepatan dan upaya luar biasa agar menciptakan perubahan kepada tradisi, pola, dan cara baru melalui gerakan Satu Instansi Satu Inovasi (One Agency One Innovation), yaitu gerakan mewajibkan 1 (satu) instansi menghasilkan paling sedikit 1 (satu) inovasi setiap tahun. Terakhir Sekda meminta agar peserta mengikuti acara dengan baik dan jika ada permasalahan diadakan diskusi. Bagian Organisasi sebagai koordinator akan menyediakan ruang kepada peserta untuk saling interaksi sehingga tujuan dapat dicapai.

Pada awalnya direncanakan narasumber berasal dari Kemenpan RB dan Provinsi Sumatera Barat, namun karena ada beberapa himbauan untuk Work From Home (WFH) akhirnya acara tersebut dijadikan oleh Bagian Organisasi dan PAN sebagai ajang diskusi. Tema KIPP 2020 adalah Transfer Pengetahuan untuk percepatan Inovasi Pelayanan Publik dalam rangka mendukung terwujudnya tujuan Pembangunan  berkelanjutan dan Indonesia Maju.

Pada acara tersebut, juga dibahas mengenai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 5 Tahun 2019 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah. Dilanjutkan dengan materi Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 44 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayana Publik di lingkungan Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2020. Serta pada sesi terakhir dengan agenda pembahasan mengenai teknis penyusunan proposal KIPP 2020.

Semangat Dukcapil Ceria

Inspirasi Inovasi Untuk Kemajuan Negeri




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment