Dukcapil Ceria Berbagi Semangat Inovasi untuk Kemajuan Negeri

By DUKCAPIL CERIA 19 Des 2019, 14:48:00 WIB forum dukcapil sumbar

Berita Terkait

Berita Populer

Dukcapil Ceria Berbagi Semangat Inovasi untuk Kemajuan Negeri

Padang Pariaman, 19 Desember 2019

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota menunjukkan komitmen nyata untuk mengembangkan inovasi pelayanan adminitrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Sebagai bentuk pelaksanaan komitmen nyata tersebut, Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan Pelatihan Bagi Petugas Nagari untuk Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Rabu, 18 Desember 2019, bertempat di Kantor Dinas Dukcapil, Jalan Olah Raga Nomor 31 Payakumbuh.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kelanjutan bagi pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi aparatur Dinas Dukcapil pada 14 - 15 Desember 2019 dengan narasumber Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman (Baca: Jadi Narasumber, Kadis Dukcapil Ceria berikan Pelatihan pada Aparatur Dukcapil 50 Kota). Nara sumber pada kegiatan pelatihan bagi petugas Nagari ini adalah Zulhari A.Md, administrator database (ADB) Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Pada kegiatan ini Dukcapil Ceria memberikan sharing informasi terkait pengembangan inovasi pelayanan adminduk melalui kebijakan Nagari go digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria mobile dan aplikasi si Pakem. (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial).

79790577_1084201438578968_8875749130652090368_n.jpg

Dengan kebijakan Nagari go digital, Dukcapil Ceria sudah melakukan fasilitasi untuk pelaksanaan layanan cetak dokumen adminduk di Kantor Nagari. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap sejak awal November 2019. Dengan pelaksanaan fasilitasi ini ditargetkan pada akhir Desember 2019 layanan cetak dokumen kependudukan di Kantor Nagari bisa terealisasi untuk seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. (Baca: Cetak Dokumen Adminduk di Kantor Nagari, Kabupaten Padang Pariaman Jadi Pelopor Dukcapil Go Digital di Sumbar).

Berdasarkan sharing informasi tersebut, bagi Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota inovasi pelayanan adminduk sangat penting untuk efektivitas pelayanan adminduk. Kondisi geografis yang luas dan di pegunungan, serta jauhnya masyarakat dari kantor Dukcapil perlu dilakukan terobosan yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan inovasi smart Dukcapil merupakan sebuah terobosan melalui aplikasi berbasis android. Dengan smart Dukcapil bisa memudahkan proses pelayanan adminduk dimana saja tanpa harus datang ke kantor Dukcapil. Dengan aplikasi smart Dukcapil masyarakat bisa mengakses layanan melalui android atau desktop asalkan ada koneksi internet.

Bagi Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan sebuah tantangan tersendiri terkait dengan ketersediaan akses internet di Nagari. Belum seluruh Nagari di Lima Puluh Kota dijangkau oleh akses internet. Sehingga akan berpengaruh terhadap pengembangan inovasi pelayanan adminduk. Dukcapil Lima Puluh Kota akan berupa melalui koordinasi lintas perangkat daerah untuk merealisasikan seluruh Nagari dijangkau akses internet sehingga bisa mendukung layanan smart Dukcapil.
Semangat Nagari go digital, inspirasi inovasi dari Nagari untuk kemajuan Negeri.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment