Disdukcapil Layani Lansia di Daerah Terpencil

By DUKCAPIL CERIA 01 Jun 2018, 15:27:51 WIB Pencatatan sipil
Disdukcapil Layani Lansia di Daerah Terpencil

Momen hari lahirnya Pancasila diperingati dengan cara berbeda oleh petugas pelayanan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.

Di sebuah jorong bernama Surantiah, Kecamatan Lubuak Aluang, yang terletak di kaki bukit dan jauh dari keramaian, beberapa orang petugas pelayanan terlihat sibuk mempersiapkan peralatan perekaman KTP-elektronik. Lebih kurang 30 menit, petugas selesai mempersiapkan peralatan yang syarat teknologi itu. Ternyata diantara mereka ada yang berkompetensi menguasai jaringan dan yang bertugas sebagai operator.

Dari kejauahan terlihat ibu ibu yang umumnya lanjut usia, berbekal selembar kartu keluarga berjalan menuju meja petugas yang telah siap dengan peralatannya. Salah seorang penanggung jawab kegiatan ini bertanya,"Ibu-ibu ada apa datang kesini?" tanya Syamsul Bahri, penanggung jawab kegiatan. "Merekam KTP-elektronik", serentak mereka menjawab.Ternyata kegiatan ini telah diberitahukan sebelumnya agar msyarakat siap dan mendapatkan informasi yang jelas.


Syamsul Bahri yg merupakan Kepala Seksi Identitas Penduduk menjelaskan bahwa tim pelayanannya akan mengunjungi wilayah-wilayah yang susah dijangkau atau yang terdapat banyak lansia dimana mereka tidak mampu mengunjungi pusat pelayanan.  "Kita akan mencari target seperti ini. Apabila terdapat didaerah masing-masing, silakan melaporkan kepada kami atau melalui layanan pengaduan", jelas Syamsul Bahri. Selama tahun 2018, Dinas Dukcapil akan membantu masyarakat untuk mendapatkan KTP-elektronik terutama para lansia dan penyandang disabilitas.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment