Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 20 Maret 2020

Sebagai aWebp.net-resizeimage.jpgntisipasi Covid-19 (virus corona), Dukcapil Ceria melakukan perubahan layanan di Kantor Dukcapil Ceria. Kebijakan ini sesuai dengan Surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam upaya pencegahan virus Covid-19 di lingkungan instansi Pemerintah.

Perubahan pelayanan tersebut meliputi: pertama memaksimalkan pelayanan online melalui aplikasi Dukcapil Ceria Mobile yang bisa didownload di Google Play Store

Kedua, melakukan pelayanan online melalui layanan Nagari Go Digital di Kantor Wali Nagari setempat.

Ketiga, untuk pelayanan pada front office Dukcapil Ceria, semua berkas pelayanan diterima dan dikirimkan via PT Pos Indonesia ke rumah masing-masing pada hari yang sama.

 Padang Pariaman, 16 Maret 2020.

WhatsApp Image 2020-03-16 at 10.11.24.jpeg

Penyebaran Covid-19 (Virus Corona) yang mulai dilaporkan banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia berpengaruh terhadap pelayanan publik termasuk pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Padang Pariaman. Berbagai cara untuk menghentikan penyebaran virus ini telah disosialisasikan oleh pemerintah. Diantaranya menjauhi kerumunan, bekerja dan belajar cukup dilakukan dirumah, minimalisir bersentuhan dan berdekatan dengan orang lain, usahakan berjemur matahari diteras rumah, pastikan sirkulasi udara baik sehingga terhindar dari ruangan lembab, tunda kegiatan massal seperti arisan, reuni dan sebagainya.

Selaku instansi pelayanan dalam pelayanan administrasi dasar bidang kependudukan dan pencatatan sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman berupaya mengantisipasi situasi dan kondisi saat ini untuk diterapkan dalam pelayanan publik sehari-hari. “Sebagaimana telah diinstruksikan oleh Dirjen Dukcapil, untuk mengurangi resiko penularan Covid-19, maka kita perlu melakukan Social Distancing Measures atau menjaga jarak kontak fisik dengan yang lain. Untuk itu kami melakukan hal-hal penting untuk mengantisipasi penularan virus ini”, jelas Muhammad Fadhly Kadisdukcapil Padang Pariaman.

Padang Pariaman, 12 Maret 2020

WhatsApp Image 2020-03-12 at 15.34.30.jpeg

Standar pelayanan publik merupakan salah indikator penting dalam pelaksanaan publik. Standar pelayanan publik memberikan kepastian kepada pengguna layanan terkait norma dan prosedur yang harus dipenuhi sehingga bisa mendapatkan pelayanan publik dengan baik. Bagi instansi penyelenggara layanan publik, standar pelayanan merupakan sebagai bentuk jaminan kualitas pelayanan serta kontinuitas pelayanan kepada publik. Standar pelayanan ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyedia layanan dan pengguna layanan.

Sebagai wujud dari hal tersebut, Dukcapil Ceria melakukan evaluasi standar pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil pada Kamis, 12 Maret 2020. Kegiatan evaluasi dilaksanakan di Hall Saiyo Sakato Pariaman diikuti oleh pengguna layanan Dukcapil Ceria. Diantaranya adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan,  Ketua Bhayangkari Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Himpaudi, Ikatan Guru TK, Puskesmas, PWI, serta unsur dari Nagari. Unsur dari Nagari terdiri Pengurus Forum Wali Nagari, Forum Sekretaris Nagari, Forum Bamus Nagari, Wali Nagari terpilih, Seknag Terpilih, pengelola layanan Nagari go digital di Nagari.

Padang Pariaman, 20 Februari 2020

WhatsApp Image 2020-02-20 at 11.09.43.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dikunjungi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman pada Kamis, 20 Februari 2020. Bawaslu dipimpin langsung oleh Ketua Anton Ishaq, anggota. Dukcapil Ceria melalui Sekretaris Dukcapil Drs. Martoni dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP menerima Bawaslu di Prisma Room Dukcapil Ceria.

Bawaslu melakukan koordinasi ke Dukcapil Ceria terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020. Kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Bawaslu tersebut memiliki keterkaitan dengan dukungan dari Dukcapil Ceria. Dukungan tersebut dalam bentuk data kependudukan untuk pelaksanaan pilkada. Tahapan yang sedang berjalan saat ini adalah rekrut tenaga pengawas untuk tingkat Nagari.

Padang Pariaman, 19 Februari 2020

WhatsApp Image 2020-02-19 at 10.16.27.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman sebagai satu-satunya organisasi perangkat daerah Dukcapil yang menjadi role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima selalu komitmen terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Upaya untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan dilakukan melalui evaluasi secara berkelanjutan. Evaluasi berkelanjutan merupakan perbaikan dan penyempurnaan terhadap kebijakan yang sudah dilaksanakan.

Dukcapil Ceria melalui koordinasi teknis Bidang PDIP dan Bidang Pendaftaran Penduduk melakukan evaluasi teknis dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan Dukcapil Ceria. Dalam kegiatan ini, Bidang Pendaftaran Penduduk diikuti oleh seluruh Kasi yaitu Kasi Pendaftaran Penduduk Syamsul Bahri, ST, Kasi Yusneli Roza, S.STP, MM dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP.

Padang Pariaman, 17 Februari 2020

WhatsApp Image 2020-02-18 at 11.46.49.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk pertama kalinya, dan satu-satunya organisasi perangkat daerah Dukcapil yang menjadi role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima di wilayah I. Capaian tersebut berdasarkan Hasil Evaluasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB tahun 2019. Sebagai satu-satunya OPD berkategori pelayanan prima di wilayah I, Dukcapil Ceria menjadi referensi bagi instansi pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Selasa siang 17 Februari 2020, Dukcapil Ceria dikunjungi oleh Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat. Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat terdiri dari Kabid Pendaftaran Penduduk, Kabid PIAK dan Kasi Dinas Kominfo. Dukcapil Ceria memfasilitasi kunjungan Dukcapil Pasaman Barat di Prisma Room, dengan tim yang terdiri dari Kabid PDIP Andriyani, SE, MM, Kasi Inovasi Edi Warman, SKM, dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1