Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Jakarta, 25 November 2019

Tito-Karnavian.jpg

Kementerian Dalam Negeri meluncurkan mesin ‘ATM’ yang diberi label ADM, Anjungan Dukcapil Mandiri. Peluncuran ADM dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada 25 November di Hotel Discovery Ancol Jakarta Utara. Kegiatan peluncuran dilakukan setelah pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil II Tahun 2019.

Setelah penekanan tombol secara simbolis peluncuran ADM, Mendagri melakukan cetak dokumen KTP hanya dalam hitungan kurang dari 1,5 menit. Dengan adanya ADM akan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik yang selama ini sulit diperoleh.

Padang Pariaman, 25 November 2019

evaluasi siapekm dinkes 1.jpeg

Inovasi siPakem merupakan kebijakan kolaborasi antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman yang telah diterapkan sejak tahun 2018. (Baca: Peringati Hari Kesehatan Nasional, Kabupaten Padang Pariaman Terima Anugerah Menteri Kesehatan 2019). Inovasi ini terus dilakukan pengembangan serta penguatan untuk kelancaran pelaksanaan di lapangan. Selama hampir satu tahun penerapan inovasi ini telah menunjukkan kemajuan dalam pengelolaan kebijakan pencatatan sipil dan statistik hayati (PS2H). (Baca: Perkuat Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian, Tenaga Kesehatan Mendapat Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi siPakem).

Padang Pariaman, 25 November 2019

14 nagari pilot project 1.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah menetapkan kebijakan Nagari Go Digital dengan mengembangkan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi Si Pakem. Untuk percepatan pelaksanaan kebijakan Nagari Go Digital dilakukan melalui pengembangan layanan cetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Nagari dengan menetapkan 10 Nagari pilot project. (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari).

Sebagai kelanjutan dari kebijakan Nagari Go Digital, Dinas Dukcapil sudah menetapkan 14 Nagari prioritas berikutnya untuk layanan cetak dokumen di Kantor Nagari. Nagari yang masuk dalam prioritas berikutnya adalah ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan user aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aktivitas user Nagari dalam pengelolaan aplikasi si Pakem. Perkembangan user Dukcapil Ceria Mobile dilihat melalui list user melalui admin aplikasi serta untuk aktivitas user Nagari dalam aplikasi si Pakem dilihat melalui menu dash board si Pakem.

Padang Pariaman, 19 November 2019

Briefing 19 November.jpeg

Tim Dukcapil ceria alihkan apel pagi hari ini ke Prisma Room, Selasa, 19 November 2019. Pada kesempatan kali ini, dilakukan rapat koordinasi, evaluasi internal dan teamwork buiding. Setelah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB dan Kementerian Kesehatan, Kadisdukcapil untuk pertama kalinya mengucapkan secara resmi apresiasi kepada seluruh pegawai atas semua kontribusi dan dedikasi yang diberikan, Kadisdukcapil juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten mengucapkan terimakasih atas semua kerja keras pengawai dukcapil ceria.

Beberapa hal yang menjadi evaluasi dan perhatian, pada briefing hari ini diantaranya:

Padang Pariaman, 18 November 2019

Evaluasi walnag pilot project.jpeg

Sebagai nagari percobaan dalam penerapan Nagari Go-Digital, dimana dokumen kependudukan dapat langsung diterbitkan dan selesai di nagari, Dukcapil Ceria selalu mendampingi dan memantau perkembangan dan hambatan dalam pelaksanaan program di nagari. Senin, 18 November 2019 Tim Dukcapil Ceria mengundang 10 Wali Nagari Pilot Project untuk melaksanakan evaluasi di Prisma Room.

10 Nagari Pilot Project ini adalah Nagari Seulayat Ulakan, Sandi Ulakan, Kapalo Koto, Kurai Taji Timur, Sikucua, Ambuang Kapua Sungai Sariak, Gasan Gadang, Malai V Suku, Parit Malintang, dan Sungai Gimba Ulakan.

Padang Pariaman, 18 November 2019

Sinergitas bersama DPRD 2.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengundang DPRD untuk bersinergi bersama dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Padang Pariaman, khususnya melalui pensuksesan Program Nagari Go Digital. Undangan ini dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Bapak Arwinsyah, Ketua Komisi I, Bapak Syafrizal, Sekretaris DPRD, Bapak Khairul Nizam, dan anggota Komisi I DPRD. Pertemuan dilaksanakan di Prisma Room Dukcapil Ceria pada Senin, 18 November 2019.

“Ini kali pertama ada OPD yang  mengundang DPRD langsung ke kantor untuk mendiskusikan suatu program”, ujar Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman sekaligus mengapresiasi undangan dari Dukcapil Ceria.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1