Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 5 Juli 2019

sipakem.jpgDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berkomitmen meningkatkan pencatatan kelahiran dan kematian berdasarkan penyebab penyakit. Pencatatan ini akan memberikan manfaat bagi dua Organisasi Perangkat Daerah yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Kesehatan. Mewujudkan komitmen ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan bimbingan teknis kepada 25 orang pengelola kesehatan Ibu dan anak (KIA) disetiap puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman. Bimbingan teknis yang diberikan terkait dengan inovasi yang telah dibangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diberi nama SiPakem (Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian).

Padang Pariaman, 12 Juni 2019

IMG-20190612-WA0007.jpgMengantisipasi padatnya kunjungan layanan pasca lebaran Idul Fitri 1440 H, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman ternyata telah menyiapkan sarana pelayanan yang dimulai sejak tahun lalu. Dengan diberi nama Layanan Mandiri Ceria (Laman Ceria), layanan ini merupakan layanan cepat yang disediakan untuk masyarakat yang memiliki urusan yang sederhana dan tidak perlu waktu lama serta tidak terdapat permasalahan data pelayanan. Disaat masyarakat mendaftarkan pelayanan, petugas pengecekan berkas melakukan verifikasi terhadap kebutuhan pelayanan masyarakat, dan disinilah ditentukan layanan cepat agar masyarakat tidak menunggu lama.

Padang Pariaman, 11 Juni 2019.

pascalebaran.PNG

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus berkonsentrasi membenahi pelayanan publik yang dimanfaatkan oleh lebih dari 400 riu penduduk kabupaten Padang Pariaman. Pasca cuti Hari Raya Idul Fitri 1440 H, pelayanan yang selalu meningkat dari biasanya menunjukkan bahwa antusias masyarakat yang tinggi terhadap pelayanan. Oleh sebab itu, petugas harus memikirkan cara-cara yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar bisa berjalan dengan baik.

Padang Pariaman, 31 Mei 2019

KADIS.jpgKepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali menegaskan prosedur terhadap administrasi kependudukan bagi masyarakat yang sering terjadi pasca Hari Raya Idul Fitri sehubungan dengang tren yang tinggi akan terjadinya mutasi penduduk Kabupaten Padang Pariaman, baik yang akan merantau maupun yang pulang dari rantau tetapi tidak akan kembali ke rantau. Hal ini ditegaskan oleh Muhammad Fadhly karena ini merupakan siklus yang terus terjadi setiap tahun dan menjadi perhatian pemerintah daerah.

Proses mutasi penduduk (pindah/datang) dari dan ke kabupaten Padang Pariaman adalah peristiwa kependudukan yang paling banyak terjadi di kabupaten Padang Pariaman. Dari hasil yang dikeluarkan di Pusat Riset Statistik dan Manajemen Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman di Prisma Room, Jl Dr Soehardjo No. 7 Pariaman, diketahui bahwa selama tahun 2018 adalah tren paling tinggi dalam 5 tahun terakhir dalam hal terjadinya pindah dan datang penduduk dari satu daerah ke daerah lain. Dari pusat data tersebut, diketahui sebanyak 26.571 orang melakukan proses pindah dan 18.382 orang datang dari daerah lain, dalam hal ini termasuk antar kecamatan dalam kabupaten yang melakukan perpindahan. Dari tren yang terjadi, proses administrasi perpindahan penduduk memuncak pada waktu pasca lebaran.

Padang Pariaman, Kamis 23 Mei 2019

pasbar.jpg

Bertempat di ruang Prisma Dukcapil (Pusat Riset Statistik dan Management Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang dipimpin oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Pasaman Barat. Sesuai dengan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 050/311/Bappeda/V/2019, turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Pasaman Barat, juga didampingi oleh bêberapa staf dan walinagari.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1