Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 13 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-13 at 4.35.23 PM(8).jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melalui kebijakan Nagari go digital terus menunjukkan perkembangan yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Melalui fasilitasi penerapan Nagari go digital, mulai hari ini sudah enam kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman yang bisa melakukan layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari. Enam kecamatan tersebut adalah IV Koto Aur Malintang, Sungai Garingging, Batang Gasan, 2 x 11 Enam Lingkung, 2 x 11 Kayu Tanam dan Ulakan Tapakih. Masyarakat Nagari pada enam Kecamatan dimaksud dimanjakan dalam menikmati layanan kependudukan melalui aplikasi Dukcapil Ceria Digital.

Dukcapil Ceria pada Jumat, 13 Desember 2019 di Prisma Room Dukcapil memfasilitasi teknis layanan cetak untuk 17 Nagari. Fasilitasi Dukcapil Ceria dilakukan oleh Kabid PIAK Anda Marzuni, S.Sos, Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Danti Ayu Fradina, S, IP, Fungsional Umum Dukcapil Ceria serta Fityuliana Sarmila BOT Dukcapil Ceria. Pada kegiatan ini, Tim Dukcapil Ceria menyampaikan materi terkait kebijakan strategis Dukcapil Ceria dalam pengembangan Nagari go digital, evaluasi perkembangan user Dukcapil Ceria mobile pada masing-masing Nagari, serta teknis pelaksanaan layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari. Pada akhir acara dilakukan serah terima blanko dokumen kartu keluarga, akte kelahiran, dan akte kematian.

Padang Pariaman, 12 Desember 2019.

WhatsApp Image 2019-12-12 at 11.50.45 AM(3).jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan studi tiru dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang sebanyak 3 (tiga) orang tim yang terdiri dari 1 (satu) orang kepala seksi pengolahan dan penyajian data kependudukan, 1 (satu) orang kepala seksi tata kelola SDM dan TI, dan 1 (satu) orang admin database pada Kamis, 12 Desember 2019 di Prisma Room Dukcapil Ceria.

Kunjungan ini disambut oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Ceria. Pada kesempatan ini, Danti Ayu Fradina S.IP, Fungsional Umum di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menjelaskan inovasi Nagari Digital yang sedang giat-giatnya dijalankan di Kabupaten Padang Pariaman. Dua inovasi yang berandil besar dalam menuju nagari digital ini adalah penerapan Aplikasi Dukcapil Ceria Digital dan Si Pakem (Sistem Pelaporan Pencatatan Kelahiran dan Kematian).

Padang Pariaman, 12 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-12 at 10.07.12 AM.jpeg

Untuk meningkatkan kualitas Nagari go digital dan pemanfaatan media elektronik, Dukcapil Ceria melakukan peningkatan kualitas SDM melalui pengiriman 6 (enam) orang Pegawai untuk mengikuti pelatihan selama 5 (lima) hari, terhitung tanggal 9 Desember 2019 hingga 13 Desember 2019 . Hal ini dilakukan untuk menyikapi telah dilakukan pengenalan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi si Pakem kepada seluruh petugas pelayanan pada Pemerintah Nagari se Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam sambutan saat pembukaan sosialisasi Kadis Disdukcapil M. Fadlhy. S, AP, MM mengharapkan pelayanan kependudukan sampai ke tingkat paling bawah, bahkan sampai ke dalam rumah. “harapan kita tentu masyarakat kita terlayani dengan baik, bahkan kita telah melakukan  berbagai cara dan inovasi, seperti pelayanan antar jemput, sekarang ini kita manfaatkan teknologi, Nagari go digital agar pelayanan sampai di dalam rumah. Selama ini baru kita layani sampai depan rumah melalui kerjasama dengan pos. Dengan adanya internet tentu kita manfaatkan momen ini dengan baik" ungkapnya.

Padang Pariaman, 11 Desember 2019

72979926_10218957384513174_7694888150820192256_o.jpg

Dalam rangka koordinasi dan penyetaraan konsep dan strategi, BPS Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Sensus Penduduk 2020 BPS dengan Dinas Dukcapil se-Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2019 di Pangeran Beach Hotel, Padang. Beberapa pembicara yang turut hadir di kegiatan tersebut adalah Dr.Ir. Sukardi, M.Si selaku kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Irwan, S.Sos, MM Kepala  DPPKBKPS Provinsi Sumatera Barat. Dalam sambutannya Dr.Ir. Sukardi, M.Simenyampaikan pentingnya koordinasi antar dinas Dukcapil dan BPS Kabupaten/Kota untuk mewujudkan satu data Indonesia.

Padang Pariaman, 11 Desember 2019

 Nagari CSikucua 11des19.jpegampago dan Nagari Sikucua merupakan dua Nagari pilot projek dalam layanan Nagari go digital. (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari) Sebagai Nagari pilot proyek, Campago dan Sikucua menunjukkan geliat yang cukup signifikan dalam upaya penerapan layanan Nagari Go Digital. Semangat untuk sejajar dengan Nagari lain di Padang Pariaman yang sudah dulu lebih maju dalam penerapan Nagari Go Digital.

Dukcapil Ceria menemukan hal tersebut pada saat monitoring dan evaluasi layanan Nagari Go Digital ke Campago dan Sikucua pada Rabu, 11 Desember 2019. Monev Dukcapil Ceria dilakukan oleh Kabid PIAK, Anda Marzuni, S.Sos, dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP.

Di Nagari Campago Dukcapil Ceria bertemu dengan Wali Nagari Sumarjon, Sekretaris Nagari Ilfo, dan seluruh Perangkat Nagari. Dalam diskusi di Kantor Nagari Campago dibahas berbagai hal terkait layanan Nagari go digital dan pengelolaan administrasi kependudukan. Kantor Nagari belum memasang jaringan internet, sehingga untuk layanan yang menggunakan akses internet perangkat Nagari berinisiatif menggunakan paket internet dengan menggunakan smartphone. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap layanan Nagari go digital.

Padang Pariaman, 10 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-10 at 1.46.56 PM.jpeg

Nagari Sandi Ulakan merupakan salah satu Nagari pilot projek dalam layanan Nagari go digital. (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari). Sebagai Nagari pilot proyek, Nagari Sandi Ulakan memiliki kemajuan yang siginifikan dalam pengembangan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan layanan dilakukan dengan pemanfaatan openSID dalam pelayanan administrasi di Nagari.

Dalam pemanfaatan openSID, Nagari Sandi Ulakan merupakan pelopor bagi Nagari lain di Padang Pariaman. Salah satu bentuk terobosan yang dilakukan adalah pembuatan surat terkait layanan kependudukan berbasis nomor induk kependudukan (NIK), sehingga dalam proses surat terkait layanan kependudukan bisa lebih efisien.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1