Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman (14 Oktober 2017)

Akte gratisDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dihadapkan kepada permasalahan keakuratan data yang terjadi dimasa lalu yang sampai saat ini menjadi pekerjaan rumah untuk divalidasi. Permasalahan ini tidak serta merta terjadi karena masyarakat, tetapi juga karena penerbitan dokumen penting lainnya oleh instansi berwenang seperti Kutipan Akta Nikah oleh Kementerian Agama, Izajah oleh Dinas Pendidikan dan lain sebagainya. Data-data yang pada waktu sebelumnya masih berdiri sendiri (tidak dibuat berdasarkan dokumen kependudukan atau dokumen penting lainnya), menimbulkan masalah dikemudian hari, termasuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dulunya juga memiliki data yang bersumber dari dokumen penduduk yang tidak akurat.

Padang Pariaman (13 Oktober 2017)

MASKOT UTAMA

Selama 3 (tiga) hari pada tanggal 17 sampai dengan 19 Oktober 2017, pelayanan Pedang Saber Versi 2 akan beraksi di kecamatan Lubuk Alung. Berbeda dengan pelayanan sebelumnya, pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman ini akan dilaksanakan secara online sehingga berkas langsung selesai ditempat bagi yang telah memenuhi persyaratan. "Menggunakan media internet nirkabel, pelayanan ini adalah modifikasi dari pelayanan Pedang Saber versi sebelumnya yang berlangsung secara offline. Target kita adalah masyarakat terpencil atau jauh dari akses pelayanan. Tetapi saat ini sedang uji coba di daerah berpenduduk padat yaitu di Lubuk Alung", ujar Muhammad Fadhly, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.

Padang Pariaman (02 Oktober 2017)

IMG 0927

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus melakukan berbagai upaya untuk membantu mempermudah urusan administrasi kependudukan masyarakat. Pelayanan front office, pelayanan dilapangan yang diberi nama "pedang saber", antar jemput ke klinik untuk akte kelahiran yang diberi nama "alpa beta" dan lain sebagainya untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni terus memberikan dorongan untuk membuat terobosan baru dalam pelayanan yang dapat membantu masyarakat walaupun itu hanya sebuah hal-hal kecil yang dianggap sepele.

Senin, 18 September 2017

penyerahaneDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan niat baik tersebut, kami melakukan pelayanan perekaman langsung ke SMA- SMA di Kabupaten Padang Pariaman, guna menjangkau siswa wajib KTP.

Salah satu tempat perekaman e-KTP langsung yang telah dilakukan yaitu di SMA 1 Kampung Dalam. Perekaman telah dilakukan sekitar sebulan yang lalu di SMA ini pada 135 orang siswa. Siswa diwajibkan membawa berkas untuk melakukan perekaman ini, diantaranya fotokopi KK, fotokopi ijazah SMP, dan Akta Kelahiran. KTP siswa yang telah selesai dicetak akan di antarkan ke sekolah yang bersangkutan langsung.

Penyerahan e-KTP yang telah selesai  dicetak (PRR) sekitar 40 keping dilakukan secara simbolis pagi ini oleh  bapak Drs.Martoni selaku sekretaris  bersama Ibuk Erlinawati,SE Selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk  di SMA Negri 1 Kampung Dalam, sesaat setelah Upacara Bendera dilaksanakan  di Lapangan Sekolah SMA 1 Kampung Dalam yang dihadiri oleh seluruh  siswa-siswi dan Kepala Sekolah besera Majelis Guru. Keceriaan siwa-siswi tertangkap kamera ketika menerima e-KTP tersebut.

“e-KTP ini telah berlaku seumur hidup, kami berharap para siswa menjaga dengan baik e-KTP yang telah dimilikinya karena e-KTP ini merupakan identitas diri dan dapat dipergunakan untuk keperluan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan lainnya ” ujar Pak Martoni sebelum melakukan penyerahan.  Diharapkan dengan adanya layanan ini, dapat mempermudah masyarakat dalam pengurusan e-KTP khususnya siswa SMA.

 

 

weekend serviceDalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat dan meningkatkan kualitas data penduduk maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuka pelayanan pada hari sabtu(Weekend Service). Pelayanan ini telah diujicobakan pada tahun 2016 dengan jargon “Melayani Setiap Saat” dan secara resmi dimulai bulan februari 2017.

Alasan diluncurkannya program Dukcapil Weekend Service diantaranya , adanya permintaan dari beberapa kelompok masyarakat yang hanya bisa berurusan di hari sabtu serta memberi kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan “diharapkan dengan layanan ini, lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen” kata M.Fadhly.

layanan khusus2Dokumen Kependudukan sangat penting bagi masyarakat baik itu e-KTP, KK, AKTA, ataupun dokumen lainnya. Hal ini membuat masyarakat semangat mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk pengurusan dokumen tersebut, meskipun dalam keadaan yang tidak cukup leluasa bergerak seperti yang dialami oleh ibu yang sedang hamil, ibu menyusui, ibu membawa banyak anak, maupun lansia.

Hal ini menjadi perhatian khusus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Seperti yang dikatakan ibu Erlinawati selaku Kabid Pelayanan Dafduk “Layanan ini memberikan kemudahan pengurusan bagi masyarakat yang datang kesini khususnya ibu hamil, ibu menyusui, ibu membawa anak banyak, maupun lansia”. Kami juga menyediakan kursi tunggu khusus untuk masyarakat yang menunggu di loket pengaduan. “kami berharap masyarakat menyambut baik layanan khusus ini”, kata M.Fadhly selaku Kepala Dinas menambahkan .

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1