Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 19 Desember 2019

81213805_1084201388578973_4806698097969201152_n.jpg

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota menunjukkan komitmen nyata untuk mengembangkan inovasi pelayanan adminitrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Sebagai bentuk pelaksanaan komitmen nyata tersebut, Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan Pelatihan Bagi Petugas Nagari untuk Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Rabu, 18 Desember 2019, bertempat di Kantor Dinas Dukcapil, Jalan Olah Raga Nomor 31 Payakumbuh.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kelanjutan bagi pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi aparatur Dinas Dukcapil pada 14 - 15 Desember 2019 dengan narasumber Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman (Baca: Jadi Narasumber, Kadis Dukcapil Ceria berikan Pelatihan pada Aparatur Dukcapil 50 Kota). Nara sumber pada kegiatan pelatihan bagi petugas Nagari ini adalah Zulhari A.Md, administrator database (ADB) Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Pada kegiatan ini Dukcapil Ceria memberikan sharing informasi terkait pengembangan inovasi pelayanan adminduk melalui kebijakan Nagari go digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria mobile dan aplikasi si Pakem. (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial).

Padang Pariaman, 19 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-20 at 9.15.48 AM.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPPKBKPS) Provinsi Sumatera Barat dalam acara Verifikasi dan Validasi (Verval) penyandingan data stunting Kabupaten Padang Pariaman dengan data siak di Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman pada Kamis, 19 Desember 2019. Kunjungan ini dilaksanakan oleh Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan (PPDK), Desi Agustina Syafhrial, SE.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. Menurut UNICEF, stunting didefinisikan sebagai persentase anak-anak usia 0 sampai 59 bulan, dengan tinggi di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis) diukur dari standar pertumbuhan anak keluaran WHO. Stunting diakibatkan oleh banyak faktor, seperti ekonomi keluarga, penyakit atau infeksi yg berkali-kali. 

Padang Pariaman, 18 Desember 2019

 oke 3.jpegDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan rapat eselon 3 dan eselon 4 di Prisma Room Dukcapil Ceria pada Rabu, 18 Desember 2019. Rapat ini ditujukan sebagai evaluasi dan briefing pelayanan terkait dengan publikasi hasil survey kepuasan masyarakat (SKM) tahun 2019 yang baru saja didapatkan kemaren siang pada 17 Desember 2019.

Tantangan dukcapil di tahun depan salah satunya adalah terkait dengan pelayanan pengaduan. “Jangan takut dengan masyarakat yang mengadu”, ujar Kadisdukcapil diawal briefing. Di negara maju sekalipun, contohnya negara Swedia dengan jumlah penduduk 25 juta, pengaduan masyarakat sebanyak 9.000 - 10.000 dalam setahun. Sedangkan Indonesia dengan jumlah penduduk 250 juta, pengaduan hanya sebanyak 8.000 setahun (Sumber: laporan Ombudsman).

Padang Pariaman, 17 Desember 2019

kj.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan pelayanan lapangan, kali ini Perekaman di Rumah Sakit Tamar Medical Center (TMC) Pariaman pada Selasa, 17 Desember 2019. Perekaman khusus ini ditujukan untuk masyarakat Kabupaten Padang Pariaman yang tidak dapat datang langsung ke Kantor Dukcapil untuk melaksanakan perekaman Biometrik. 

Padang Pariaman, 17 Desember 2019

79287227_10219014986473187_7050734161266475008_o.jpg

Dukcapil Ceria menunjukkan komitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sebagai bentuk komitmen tersebut, Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly S, AP, MM menandatangani Janji Perbaikan Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan hasil survey kepuasan masyarakat tahun 2019. Kegiatan penandatanganan dilakukan pada akhir acara Forum Konsultasi Publik dan Publikasi Hasil SKM Tahun 2019. Forum Konsultasi Publik dan Publikasi Hasil SKM Tahun 2019 dilaksanakan oleh Bagian Organisasi pada Selasa, 17 Desember 2019 di Ruang Rapat Sekda, IKK Parit Malintang.
Sebelum penandatanganan komitmen, dilakukan penyampaian hasil survey kepuasan masyarakat Tahun 2019 oleh Drs. Muharizal, M.Si, Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik Sumatera Barat. Dukcapil Ceria mendapatkan indeks kepuasan masyarakat pada angka 86,27 dengan indikator baik, nilai ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2018 dengan hasil SKM pada angka 83,01. Penilaian dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Padang Pariaman, 17 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-17 at 12.34.52 PMHGF.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan Pelayanan KIA (Kartu Identitas Anak) di TK Dharma Wanita VII Koto Sungai Sariak pada Selasa, 17 Desember 2019. Dukcapil Ceria telah melaksanakan penerbitkan KIA sejak pertengahan tahun 2018 dengan penjadwalan yang continue setiap bulannya. Di Kabupaten Padang Pariaman, KIA difokuskan kepada Taman Kanak-Kanak. Menurut Kepala Seksi Pindah Datang Penduduk, Yusneli Roza, S.STP, MM, Hal ini bertujuan sebagai dokumen dasar untuk diterbitkannya dokumen selanjutnya yang dalam hal ini untuk mempermudah dan menvalidkan data anak dari taman kanak2 untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Penerbitan KIA merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Permendagri ini merupakan upaya Pemerintah untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1