Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 26 Desember 2019

WhatsApp Image 2019 12 26 at 15.50.43

Dukcapil Ceria menunjukkan kesungguhan untuk selalu memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang terbaik kepada masyarakat. Sebagai upaya mematangkan perencanaan peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan tahun 2020, Dukcapil Ceria telah menyiapkan beberapa agenda kebijakan. Dukcapil Ceria melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Andriyani, SE, MM memaparkan beberapa tahapan agenda kebijakan untuk tahun 2020. Pemaparan dilakukan dalam kunjungan Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik Sumatera Barat Drs. Muharizal, M.Si ke Dukcapil Ceria pada Kamis, 26 Desember 2019.

Kesungguhan tersebut sebagai bukti tindak lanjut dari Janji Perbaikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly S, AP, MM pada Forum Konsultasi Publik dan Publikasi Hasil SKM Tahun 2019 Selasa, 17 Desember 2019 di IKK Parit Malintang. (Baca: Survey Pelayanan 2019, Kadisdukcapil Tandatangani Janji Perbaikan). Upaya tersebut telah dilakukan melalui rapat internal Dukcapil Ceria pada Rabu 18 Desember 2019 (Baca :Terima Hasil SKM, Dukcapil Ceria Evaluasi Layanan 2019 dan Planning Tahun Depan).

Padang Pariaman, 26 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-26 at 11.20.45 AM.jpeg

Kampuang Galapuang Ulakan sebagai salah satu Nagari yang memiliki wilayah yang kecil dan penduduk yang sedikit memiliki peluang untuk menjadi Nagari yang mandiri. Dengan wilayah yang kecil serta jumlah penduduk yang sedikit merupakan sebuah celah untuk memacu tingkat pertumbuhan yang cepat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Celah tersebut bisa dipacu melalui inovasi kebijakan oleh Pemerintahan Nagari dengan memanfaatkan serta mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh Nagari. Dengan inovasi kebijakan, Nagari Kampuang Galapuang akan menjadi seperti Singapura, dengan wilayah dan penduduk kecil serta tingkat kemajuan dan kesejahteraan yang tinggi.

Poin tersebut menjadi materi kunci pemaparan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman M. Fadhly. S, AP, MM dalam kegiatan peningkatan kapasitas Pemerintahan Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih. Agenda ini diikuti seluruh unsur Pemerintahan Nagari terdiri dari unsur Pemerintah Nagari dan Bamus Nagari. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 26 Desember 2019 bertempat di Kantor Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis.

Padang Pariaman, 23 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-23 at 14.13.45.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan fasilitasi persiapan cetak dokumen kependudukan di kantor nagari gelombang kedua pada senin, 23 Desember 2019. Fasilitasi ini dilaksanakan dalam 2 (dua) sesi, sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00 WIB dan sesi kedua dilaksanakan pukul 13.30 WIB.

Keseluruhan nagari yang melaksanakan fasilitasi hari ini berjumlah 21 nagari. Sesi pertama dihadiri oleh 9 nagari, yaitu:  Padang Bintungan, Padang Kandang Pulau Air Padang Bintungan, Pakandangan, Pasie Laweh Lubuk Alung, Salibutan Lubuk Alung, Sikabu Lubuk Alung, Sikucua Barat, Sikucua Tengah, dan Sikucua Timur, sedangkan sesi kedua dihadiri oleh 13 nagari, yaitu: Sikucua Utara, Singguliang Lubuk Alung, Sungai Buluah, Sungai Buluah Utara, Sungai Durian, Sunua, Sunua Barat, Sunua Tengah, Tandikek Barat, Tandikek Selatan, Toboh Gadang Barat, Toboh Gadang Selatan, dan Toboh Ketek.

Padang Pariaman, 23 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-23 at 14.13.46.jpeg

Akhir tahun 2019 merupakan lembaran baru dalam pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melalui inovasi kebijakan Nagari Go Digital memberikan kemudahan kepada seluruh warga dengan menyuguhkan layanan adminduk dalam genggaman, lebih tepatnya melalui aplikasi Dukcapil Ceria Digital dan Si Pakem. Dengan Aplikasi Dukcapil Ceria Digital masyarakat bisa menikmati layanan adminduk dimana saja kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu.

Kebijakan Nagari Go Digital merupakan kolaborasi antara Dukcapil Ceria dengan Nagari. Dukcapil ceria telah melakukan fasilitasi persiapan cetak dokumen kependudukan untuk seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Fasilitasi terakhir dilaksanakan pada Senin 23 Desember 2019 di Prisma Room Dukcapil Ceria.

Padang Pariaman, 20 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-20 at 11.55.02 AM.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan Fasilitasi Persiapan Pelayanan Cetak Dokumen Kependudukan untuk Kantor Nagari di Dukcapil Ceria pada Jumat, 20 Desember 2019. Nagari tersebut adalah Aie Tajun Lubuk Alung, Batu Kalang Utara, Buayan Lubuk Alung, Campago Selatan, Gadur, Koto Baru, Koto Dalam Barat, Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kudu Gantiang, dan Kudu Gantiang Barat. Fasilitasi ini akan dilanjutkan hingga hari Senin, 23 Desember 2019 untuk 25 Nagari lain yang telah dijadwalkan selanjutnya.

Fasilitasi persiapan pelayanan cetak dokumen kependudukan di kantor nagari ditujukan untuk memberikan arahan kepada operator nagari terkait kesalahan yang biasa terjadi dalam pengajuan permohonan dokumen kependudukan, yang mengakibatkan permohonan ditolak saat diproses di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebelum diserahkan kembali kepada nagari untuk dicetak. Kesalahan tersebut diantaranya:

Padang Pariaman, 20 Desember 2019

WhatsApp Image 2019-12-20 at 11.55.35 AM.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan rapat internal dengan bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) mengenai Evaluasi Pelaksanakaan Inovasi Si Preti (Sistem Perekaman Dini) dan Si Bimo (Sistem Bisa Melayani On the Spot), sebagaimana kedua inovasi ini merupakan program di bawah tanggungjawab bidang pendaftaran penduduk.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly S, AP, MM menegaskan bahwa untuk pelaksanaan program Si Preti dan Si bimo kedepannya harus menyertakan Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Program.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1