Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 13 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-13 at 17.38.19(1).jpeg

Dukcapil Ceria datangi langsung masyarakat "khusus" yang membutuhkan perekaman Biometrik, yang tidak dapat mengunjungi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara langsung. Perekaman turun kelapangan ini dilaksanakan di RSUD Padang Pariaman pada jumat lalu, 10 Januari 2020, dan Rumah Sakit Aisyah hari ini, Senin 13 Januari 2020.

Kegiatan turun ke tempat-tempat masyarakat ini sendiri terlaksana melalui pemanfaatan layanan pengaduan di aplikasi dukcapil ceria digital, dimana setiap pengaduan dan kendala yang dihadapi masyarakat akan ditangani dan dicarikan solusinya, termasuk kendala masyarakat yang tidak dapat datang langsung ke Dukcapil untuk melakukan perekaman. Kunjungan lapangan ini tidak terbatas dimanapun masyarakat berada, baik di rumah, rumah sakit, atau ditempat lainnya, tergantung lokasi dan waktu yang diajukan masyarakat dalam layanan pengaduan.

Padang Pariaman, 13 Januari 2020

1.jpeg

Sebagai bentuk komitmen untuk terus melakukan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan baik, Dukcapil Ceria melakukan evaluasi teknis pelaksanaan kebijakan Nagari go Digital. Evaluasi teknis dilaksanakan dipimpin oleh Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Andriyani, SE, MM, diikuti Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasi Pendataan Penduduk, dan Zulhari A.Md Administrator Database (ADB Dukcapil) serta Back Office Team (BOT) Dukcapil Ceria layanan Nagari go digital, Fityuliana Sarmila dan Andre.

Mulai tahun 2020 layanan Nagari go digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria mobile efektif berlaku untuk seluruh Nagari (Baca: 2020, Dokumen Kependudukan Bisa Cetak Langsung di Seluruh Nagari). Selama minggu pertama Tahun 2020, serta pelaksanaan pada beberapa Nagari pada akhir 2019 terdapat beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi penting dalam pelaksanaan evaluasi teknis.

Pertama, peningkatan kualitas SDM. Untuk mendukung percepatan pelaksanaan layanan Nagari go digital dibutuhkan SDM yang handal serta melek dengan perkembangan teknologi informasi. SDM tidak hanya dilingkungan Dukcapil Ceria tetapi juga dilingkungan Pemerintah Nagari. SDM Dukcapil Ceria dibutuhkan untuk dukungan untuk BOT pada saat meningkatnya trend pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi Dukcapil Ceria digital.

Padang Pariaman, 13 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-11 at 15.10.21(3).jpeg

Pelayanan lapangan Dukcapil Ceria dalam rangka perayaan HUT Kabupaten Padang Pariaman ke 187 yang dilaksanakan di IKK mendapatkan sambutan yang antusias dari masyarakat. Antusiasme masyarakat tidak berkurang walaupun harus dihadapkan pada cuaca hujan dan angin kencang (Baca: HUT Kabupaten Ke-187, Gerai Pelayanan Dukcapil Ceria di IKK Mendapat Antusiasme Masyarakat). Pelayanan lapangan Dukcapil Ceria sebagai bagian dari pelaksanaan Bazar Pembangunan Kabupaten Padang Pariaman yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 8 - 10 Januari 2020, harus diperpanjang menjadi empat hari, sampai pada hari puncak HUT Kabupaten Padang Pariaman pada 11 Januari 2020.

Untuk kelancaran pelaksanaan pelayanan lapangan, Dukcapil Ceria menurunkan semua Tim si Bimo, Tim si Preti dan Tim Ajek ke IKK. Selama empat hari pelaksanaan layanan lapangan Dukcapil Ceria, telah dilaksanakan pelayanan cetak KIA (Kartu Identitas Anak) sebanyak 18 keping, penerbitan Akte Kelahiran 60 lembar, penerbitan Akte Kematian 2 lembar, Cetak Kartu Keluarga 91 lembar, dan Cetak SKPWNI (Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia) sebanyak 22 lembar.

Padang Pariaman, 13 Januari 2020

81870321_10219245145347015_2643321477541134336_o.jpg

Pelayanan publik yang berkualitas merupakan hak setiap warga negara yang merupakan kewajiban pemerintah sebagai pelaksanaan amanat dari konstitusi. Untuk itu peningkatan kualitas pelayanan publik mutlak harus dilakukan secara terus menerus sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Instansi pemerintah, khususnya instansi pelaksana pelayanan publik harus responsif terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat, dengan selalu menciptakan inovasi pelayanan publik yang berkualitas.

Pesan tersebut menjadi poin kunci amanat apel pagi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly S, AP., MM pada apel di Ibukota Kabupaten (IKK) pada Senin,13 Januari 2020. Apel pagi yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Padang Pariaman diikuti oleh seluruh ASN dilingkungan Sekretariat Daerah, Dinas Kominfo, Badan Kesbangpol, Bapelitbangda, BPKD, Inspektorat Kabupaten dan Dinas PUPR. Kegiatan ini merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam bentuk pelaksanaan rooling pembina apel pagi untuk seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke seluruh Kantor OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, yang bertujuan untuk sosialisasi serta sinkronisasi kebijakan antar OPD.

Padang Pariaman, 10 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-09 at 12.43.13(1).jpeg

Menjelang Puncak HUT Kabupaten Padang Pariaman Ke-187 yang jatuh pada tanggal 11 Januari 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman membuka stand pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil selama tiga hari mulai tanggal 8 - 10 Januari 2020. Pelayanan ini bagian dari pelaksanaan Bazar Pembangunan Kabupaten Padang Pariaman yang dilaksanakan di  Ibu Kota Kabupaten (IKK) Padang Pariaman.

Pelayanan yang ditujukan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Padang Pariaman ini dilakukan bersama dengan OPD lainnya dalam GAPURA PAPA (Gerai Pelayanan untuk Rakyat Padang Pariaman), yang dibuka mulai pukul 08.30 s.d. 16.00 WIB.

Padang Pariaman, 3 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-03 at 11.07.29(7).jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi pada Jumat, 3 Januari 2020. Kunjungan ini dilaksanakan oleh Kepala Dinas Dukcapil Merangin, Jailani, S.sos dan 1 (satu) orang Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Sarbaini, dalam rangka orientasi pelayanan (studi tiru).

Kunjungan studi tiru diterima dan dilayani langsung oleh Kadis Dukcapil, beberapa Kabid dan 1 (satu) orang Admin Database Dukcapil Ceria. Awal kunjungan, Kadis Dukcapil Merangin beserta tim diajak berkeliling melihat proses pelayanan, infrastruktur dan desain kantor dukcapil ceria. Mulai dari ruang tunggu, front office pelayanan langsung kepada masyarakat, ruang pengaduan, ruang pengambilan berkas, hingga dilanjutkan dengan presentasi di Prisma Room (Pusat Riset Statistik dan Manajemen Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Dukcapil Ceria.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1