Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 15 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-15 at 11.08.46.jpeg

Semangat inovasi Ducakpil Ceria telah menghasilkan kebijakan Nagari go digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi si Pakem (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial). Inovasi tersebut telah diterapkan pada seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman sejak akhir desember 2019. (Baca: Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman) Semangat inovasi tersebut telah memunculkan iklim kompetisi antar Nagari untuk menciptakan pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas di masing-masing Nagari.

Iklim kompetisi tersebut terlihat dari konsultasi teknis perangkat Nagari Toboh Gadang Timur dan Toboh Gadang ke Dukcapil Ceria pada Rabu, 15 Januari 2020. Nagari Toboh Gadang Timur dan Toboh Gadang memiliki komitmen untuk menjadi yang terdepan dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui Nagari go digital. Keseriusan Pemerintah Nagari Toboh Gadang Timur ditunjukkan dengan mengirimkan Sekretaris Nagari Marni Oktavia, dan Kasi Pelayanan Aprianti, S.Pd. Sedangkan Nagari Toboh Gadang menugaskan Kasi Pemerintahan Erpit Melda, SE, dan Saiful Bahari, Staf Kasi Pelayanan.

Padang Pariaman, 15 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-15 at 12.09.08.jpeg

Sebagai tindak lanjut rapat evaluasi awal tahun 2020 yang dilaksanakan pada Selasa, 14 Januari 2020, Kadis Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan gerai Alpa Beta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman. Monev dilakukan secara mendadak tanpa ada konfirmasi kepada petugas gerai, untuk melihat kondisi riil gerai. Dengan kondisi riil dimaksud dapat dianalisa upaya peningkatan kualitas secara nyata (Baca: Evaluasi Awal 2020, Dukcapil Ceria Komitmen Menjadi Organisasi Pembelajar)

Dalam pelaksanaan monev, Kadis Dukcapil Ceria didampingi oleh Kasi Pendataan Penduduk, Fauzi Al Azhar, S.AP., M.AP dan Seksi Pengolahn dan Penyajian Data Kependudukan, Ali Muzakar, S.Kom. Kadis memeriksa kebersihan ruangan, kelengkapan sarana dan prasarana, serta menanyakan tentang teknis pelayanan. Terkait teknis pelayanan, Kadis meminta kepada Rosi sebagai petugas gerai Alpa Beta RSUD Pariaman untuk aktif melakukan komunikasi dengan pihak RS Aisyiah dan beberapa klinik di Kota Pariaman. Sehingga semua penduduk Kabupaten Padang Pariaman yang melakukan persalinan pada semua Rumah Sakit dan Klinik di Kota Pariaman dapat diproses akta kelahiran sesaat setelah proses persalinan.

Padang Pariaman, 15 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-15 at 14.29.13.jpeg

Golongan darah merupakan informasi penting pada saat keadaan darurat. Golongan darah juga merupakan salah satu item informasi yang ditampilkan di KTP-El. Namun pada kenyataannya, kesadaran masyarakat masih kurang dalam mengetahui golongan darah masing-masing. Sebagian masyarakat yang ditanya petugas terkait golongan darah menjawab tidak tahu.

Hal ini membuat Dukcapil Ceria merasa perlu untuk mencari jalan keluar, demi memberikan kelengkapan data masyarakat Kabupaten Padang Pariaman, dan tentunya untuk memudahkan masyarakat jika nantinya data ini diperlukan secara mendesak.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman berkolaborasi bersama  Palang Merah Indonesia (PMI) dalam pelaksanaan inovasi DUKCAPIL MENGGODA (DUKCAPIL Mengupdate Golongan Darah). Inovasi ini telah dilaksanakan sejak tahun 2017.

Padang Pariaman, 14 Januari 2020

dd.jpgDukcapil Ceria sebagai perangkat daerah yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil memiliki peran sentral dalam kesuksesan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020. Peran sentral tersebut adalah terkait ketersediaan data pemilih yang akurat berdasarkan kondisi riil serta sudah melakukan perekaman biometrik. Sebagai bagian dari peran sentral tersebut, Dukcapil Ceria memiliki komitmen untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 dengan ikut aktif dalam tahapan pelaksanaan pilkada 2020. Tahapan dalam pilkada serentak yang baru diikuti oleh Kadis Dukcapil Ceria adalah rapat koordinasi yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman pada Selasa, 14 Januari 2020 di Kantor KPU Parit Malintang.

KPU Kabupaten Padang Pariaman sebagai leading sector pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Padang Pariaman mengadakan Rapat koordinasi persiapan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2020. Peserta rakor adalah Polres Kabupaten Padang Pariaman, Polres Kota Pariaman, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Bawaslu dan Kesbangpol.

Padang Pariaman, 14 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-14 at 15.58.36.jpeg

Inspirasi inovasi Dukcapil Ceria memacu semangat Pemerintah Nagari Balah Hilia Lubuk Alung dan Nagari Sikabu Lubuk Alung untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Nagari. Inspirasi tersebut terlihat dari antusiasnya perangkat Nagari dalam konsultasi teknis di prisma room Dukcapil Ceria untuk penerapan Nagari go digital pada Nagari masing-masing. Perangkat Nagari yang melakukan konsultasi teknis adalah Nosala Remia, S,TP Kasi Pemerintahan Nagari Balah Hilia Lubuk Alung dan Edison Putra Saleh Kasi Pemerintahan Nagari Sikabu Lubuk Alung.
Tim Dukcapil Ceria memfasilitasi perangkat Nagari terdiri dari Yenni Zulvia, Kasi Kerjasama, Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasi Pendataan Penduduk, Hermadila Sari dan Justin Alfauzi, BOT Dukcapil Ceria. Pada pemaparan awal, Dukcapil Ceria melalui Kasi Pendataan Penduduk menjelaskan tentang kebijakan umum Dukcapil Ceria untuk tahun 2020. Data kependudukan yang akurat merupakan modal utama untuk kemajuan Nagari. Dengan data yang akurat memudahkan tahapan perencanaan Nagari untuk menghasilkan kebijakan yang lebih baik. Kebijakan yang baik merupakan dasar menuju pencapaian kemajuan Nagari. Pada sisi lain merupakan bagian dari menyukseskan agenda penting tahun 2020 yaitu pilkada serentak dan sensus penduduk tahun 2020.

Padang Pariaman, 14 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-14 at 09.59.38.jpegDukcapil Ceria sebagai organisasi pembelajar telah melalui metamorfosis sehingga bisa berkembang maju seperti saat ini DAN menjadi inspirasi bagi banyak instansi lain. Untuk terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat maka pelaksanaan evaluasi harus menjadi kegiatan rutin dan menjadi penggerak utama organisasi (Baca: Fokus Peningkatan Kualitas, Dukcapil Ceria Evaluasi Teknis Layanan Nagari Go Digital). Hal ini merupakan pesan kunci Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dalam kegiatan Rapat Evaluasi Awal Tahun 2020. Rapat Evaluasi dilaksanakan di Prisma Room Dukcapil pada Selasa, 14 Januari 2020 diikuti oleh seluruh pejabat eselon III dan IV Dukcapil Ceria.

Pada pemaparan Rapat Evaluasi Awal Tahun 2020, Kadis Dukcapil Ceria memaparkan beberapa program tahun 2019 yang memerlukan penguatan untuk pencapaian target pada tahun 2020. Dua agenda besar daerah dan nasional yang merupakan bagian dari target Dukcapil Ceria tahun 2020 yaitu pelaksanaan pilkada serentak dan Sensus Penduduk Tahun 2020. Pelaksanaan pilkada serentak membutuhkan data kependudukan dari Dukcapil sedangkan Sensus Penduduk menggunakan data kependudukan Dukcapil sebagai data awal pelaksanaan sensus.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1