Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 18 September 2019.

WhatsApp Image 2019-09-18 at 21.53.38.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dikunjungi dalam rangka studi tiru oleh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan, Rabu 18 September 2019. Terdiri dari 1 (satu) orang Sekretaris Dinas, 3 (tiga) orang Kepala Bidang dan 4 (empat) orang Kepala Seksi, studi tiru dimaksudkan untuk melakukan komparasi terhadap apa yang telah dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dalam pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Padang, 17 Agustus 2019

penghargaan2019.JPGDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman kembali kembali meraih penghargaan Gubernur Sumatera Barat dibidang pelayanan administrasi kependudukan. Kompetisi yang digelar pemerintah provinsi Sumatera Barat ini ditujukan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kota di Sumatera Barat untuk mendorong peningkatan pelayanan public di kabupaten kota Sumatera Barat. Diikuti oleh 19 kabupaten/kota, 5 kabupaten/kota mendapat pernghargaan terbaik dan kategori tertentu.

Padang Pariaman, 7 Agustus 2019.

gisa tumbler.jpgDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman mendukung budaya cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara pengurangan penggunaan plastik. Plastik telah menjadi kebutuhan sehari-hari, karena praktis, plastik menjadi kebutuhan yang sering digunakan. Tetapi juga akan menjadi sampah yang mencemarkan lingkungan, terutama tanah karena sampah plastik. Salah satu yang sering digunakan adalah botol minum, gelas air mineral dan sebagainya. Oleh karenanya, Disdukcapil menerapkan pengurangan penggunaan plastik atau alat-alat berbahan plastik yang menimbulkan sampah. Program ini diwujudkan dengan meluncurkan tumbler untuk digunakan sehari-hari oleh pegawai Disdukcapil.

Padang Pariaman, 31 Juli 2019.

gambar1.jpgKepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memberikan presentasi pada pelatihan staf Puskesmas Sintuak, Kabupaten Padang Pariaman. Pelatihan ini ditujukan untuk mengingkatkan kualitas pelayanan puskesmas serta melengkapi akreditasi puskesmas ini yang akan dievaluasi pada tahun 2020. Sebanyak 40 orang staf puskesmas mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan dibuka oleh pimpinan puskesmas Sintuak Drg Fidia. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan harapannya tentang peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Kondisi saat ini, puskesmas Sintuak adalah puskesmas yang akan melaksanakan akreditasi pada tahun 2020 dengan status yang akan ditingkatkan. Puskesmas dengan 60 orang staf ini telah melaksanakan standar pelayanan yang prima, tetapi masih perlu meningkatkan kualitas pelayanan melalui inovasi-inovasi kekinian diluar kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan. “Untuk itulah kami mengundang Bapak Kadisdukcapil, agar kita bisa mendapatkan sharing ilmu untuk inovasi-inovasi dibidang pelayanan kesehatan di Puskesmas,” jelas drg. Fidia.

Padang Pariaman, 22 Juli 2019.

dpr.pngDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerima kunjungan Pansus I DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dalam rangka pengkajian Peraturan Daerah tentang Administrasi Kependudukan dan inovasi dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan. Acara yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota Pansus serta sekretariat DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dan Dinas Dukcapil Kabupaten Limapuluh Kota berlangsung di Prisma Room Disdukcapil Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pansus I DPRD Kabupaten Limapuluh Kota menyampaikan maksud kunjungannya yaitu dalam rangka mendalami materi peraturan daerah yang mengacu kepada Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dimana Kabupaten Limapuluh Kota sedang dalam proses penyesuaian Perda dengan Undang-undang ini. Pelaksanaan pelayanan secara gratis dan beberapa hal terkait perubahan baru dibahas dalam pertemuan ini.

Jakarta, 8 Juli 2019.

di kemenkes.pngKepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly kembali mempresentasikan perkembangan inovasi pencatatan kelahiran dan kematian dengan penyebab penyakit yang merupakan bagian penting dari Pencatatan Sipil Statistik Hayati (Civil Registration and Vital Statistik). PS2H menjadi fokus Disdukcapil bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman saat ini yang akan memberi manfaat pada pemantauan kesehatan Ibu dan Anak serta pencatatan kematian berdasarkan Nomor Induk Kependudukan sebagai identitas tunggal.

Pencatatan Sipil dan Statistik Hayati (PS2H) dibangun sebagai dasar untuk perencanaan pembangunan termasuk pembangunan kesehatan, dimana hal tersebut dapat menghasilkan berbagai ukuran demografi dan epidemiologi seperti angka kematian dan pola penyakit penyebab kematian. PS2H merupakan implementasi dari pelaksanaan UU No. 24 Tahun 2013 tentang Administrate Kependudukan, yang leading sektornya adalah Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Ditjen Dukcapil beserta jajaran dibawahnya.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1