Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 3 Desember 2019

kunjungan dukcapil aceh.jpg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh. Kunjungan ini dilaksanakan langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Gayo Lues, Bapak Hasanuddin Madja, S.STP, M.Si pada Selasa, 3 Desember 2019, tujuannya ialah untuk konsultasi sekaligus studi tiru terkait Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.

Bapak Hasanuddin mengaku sangat tertarik untuk mengetahui sekaligus mengadopsi bagaimana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman membangun pelayanan yang sekarang ini berjalan sangat baik dengan banyak prestasi yang diraih, setelah mendengar sebelumnya Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman memiliki permasalahan keterbatasan anggaran. Hal ini yang sekarang di alami oleh Disdukcapil Gayo Lues, sehingga mereka ingin bangkit mengikuti langkah yang pernah dilalui oleh Disdukcapil Ceria.

Padang Pariaman, 2 Desember 2019

dukcapil monev.jpeg

Untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan Nagari Go Digital Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melakukan pembinaan terhadap Nagari pilot project. Baik itu nagari pilot project tahap pertama (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari) maupun pilot project tahap kedua (Baca: Lagi, Dukcapil Ceria Tambah 14 Nagari Pilot Project Berikutnya). Pembinaan dilakukan secara acak terhadap 24 Nagari pilot project, untuk mengetahui pelaksanaan proses pelayanan cetak dokumen kependudukan di Kantor Nagari. Kegiatan sebagai kelanjutan pertemuan Dinas Dukcapil dengan Wali Nagari pilot project pada di Ruang Prisma Dukcapil.

Senin, 2 Desember 2019 Nagari Parit Malintang menjadi lokus pertama untuk pembinaan dari Dinas Dukcapil yang dipimpin oleh Kabid Inovasi, Adriyani, SE., MM, Kasi Pengelolaan dan Penyajian Data Kependudukan, Ali Muzakar, S. Kom, dan Kasi Pendataan Penduduk, Fauzi Al Azhar, S.AP, M.AP

Padang Pariaman, 29 November 2019

Sipreti dan Sibimo3.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terhitung hingga November 2019 memiliki sebanyak 29 inovasi pelayanan. 2 (dua) diantaranya adalah inovasi Si Bimo dan Si Preti.

Si Bimo atau yang merupakan singkatan dari Bisa Melayani On the Spot merupakan program inovasi yang telah diterapkan sejak tahun 2016, yang digandeng oleh Program Pedang Saber (Petugas Datang Semua Administrasi Beres). Si Bimo sendiri merupakan sebutan untuk kendaraan yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melaksanakan pelayanan lapangan keseluruh nagari di Kabupaten Padang Pariaman, yang prinsipnya langsung selesai di tempat. Bisa dikatakan bahwa pelayanan Si Bimo merupakan pelayanan kantor berpindah, tidak ada yang membedakan pelayanan Si Bimo dengan pelayanan langsung di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, karena semua dokumen kependudukan dapat dilayani, yang membedakan adalah tempatnya yang lebih dekat dengan masyarakat di Kantor Wali Nagari Setempat.

Padang Pariaman, 28 November 2019

seknag swadaya pribadi 2.jpegSemangat Nagari Go Digital menjadi isu kunci dalam kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan dan Pelaporan Nagari Demi Menuju Nagari Go Digital yang diselenggarakan oleh Forum Sekretaris Nagari se Kabupaten Padang Pariaman. Bimtek dilaksanakan di Hall Saiyo Sakato Pariaman pada Kamis, 28 November 2019. Peserta Bimtek adalah seluruh Sekretaris Nagari dan Kaur Perencanaan dari 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan ini bersifat swadaya dan inisiatif dari anggota Forum Seknag.

Narasumber berasal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman, dan DPMD Kabupaten Padang Pariaman. Inspektorat diwakili oleh Alfian, SE, M.Si , Auditor Inspektorat sedangkan DPMD diwakili oleh Rosiyanti, ST , Kabid Keuangan.

Padang Pariaman, 26 November 2019

kunjungan mahasiswi UNP 1.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari  4 (empat) orang Mahasiswi Universitas Negeri Padang (UNP) Jurusan Ilmu Administrasi Negara, pada Selasa, 26 November 2019. Tujuan dari Kunjungan ini adalah untuk meminta informasi mengenai Managemen E-Complaint (layanan pengaduan) di Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman.

Tim Dukcapil Ceria menjelaskan bahwa dalam Pelaporan E-Complaint oleh masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman terkait dokumen kependudukan dapat dilakukan melalui Aplikasi Dukcapil Ceria Digital yang dapat di download di playstore untuk android ataupun dengan membuka alamat web Dukcapil Ceria Digital melalui perangkat komputer, dan kemudian memilih menu pengaduan tamasya, yang merupakan singkatan dari “tampek mengadu masyarakat” atau tempat mengadu masyarakat.

Jakarta, 26 November 2019

mesin dukcapil.jpeg

Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Adminitrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil II Tahun 2019. Kegiatan Rakornas diselenggarakan di Hotel Discovery Ancol Jakarta Utara pada 25 - 27 November 2019. Rakornas diikuti oleh seluruh jajaran Dukcapil di seluruh Indonesia, meliputi Kepala Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota, pejabat eselon III Dukcapil serta staf pendamping.

Agenda Rakornas juga dihadiri oleh instansi BPS, OJK, BRI, dan instansi lainnya yang sudah melakukan kerjasama dengan Dukcapil dalam pemanfaatan data kependudukan. Jajaran Badan Pusat Statistik dihadiri oleh Kepala BPS beserta deputi dilingkungan BPS serta seluruh Kepala BPS Provinsi dari seluruh Indonesia.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1