Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Berita

Padang Pariaman, 8 November 2019

1aba.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Prisma Room Dukcapil Ceria, Jumat, 8 November 2019. Kunjungan ini dipimpin oleh Peneliti Ahli Utama Kemenkes, Prof. Dr. Anwar Musadad, SKM., M.Kes. dengan memboyong 5 (lima) anggota yang terdiri dari 2 (dua) orang Staf Kementerian Kesehatan, 1 (satu) orang Kepala Bidang Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, dan 2 (dua) orang Kepala Seksi Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi kegiatan Sistem Pelaporan Pencatatan Kelahiran dan Kematian (SiPakem) sebagai bagian dari PS2H (Pencatatan Sipil dan Statistik Hayati). Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman didampingi oleh operator khusus Si Pakem serta beberapa orang Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dukcapil Ceria ikut serta dalam diskusi kunjungan.

Batam, 7 November 2019

1b ok.jpeg

Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah lingkup Wilayah I. Unit layanan yang disoroti yaitu dinas penyelenggara layanan kependudukan dan pencatatan sipil, dinas penyelenggara layanan perizinan terpadu satu pintu dan rumah sakit umum daerah.

Evaluasi kinerja pelayanan bertujuan untuk memberikan percontohan bagi unit penyelenggara pelayanan publik lainnya sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat. Evaluasi kinerja dilakukan dengan penilaian terhadap 6 (enam) indikator kinerja pelayanan publik.

Padang Pariaman, 7 November 2019.

WhatsApp Image 2019-10-30 at 11.16.03 AM.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman mulai merealisasikan program lanjutan Nagari Go Digital yang dapat menerbitkan langsung dokumen kependudukan di nagari-nagari melalui penyediaan alat pencetakan. (Read:Berikan Briefing Dukcapil Ceria Go-Digital kepada Petugas Internal Dukcapil, Kadisdukcapil jelaskan kedepannya akan dibuat QR Code)

10 (sepuluh) nagari telah ditetapkan sebagai Pilot Project untuk diuji coba sebelum diterapkan langsung kepada 103 nagari di Kabupaten Padang Pariaman. 5 (lima) nagari gelombang pertama yaitu Nagari Seulayat Ulakan, Sandi Ulakan, Kapalo Koto, Kurai Taji Timur, dan Sikucua, ditetapkan pada jumat (1/11) lalu, sedangkan 5 (lima) nagari gelombang selanjutnya yaitu Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak, Gasan Gadang, Parit Malintang, Sungai Gimba Ulakan, dan Malai V Suku, ditetapkan pada senin (6/11).

okeee sipppp.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman sedang gencar-gencarnya mensukseskan program Nagari Go-Digital. Tujuan dari Nagari Go-Digital ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya tanpa harus datang ke kantor pelayanan sehingga dapat diurus dari mana saja dan kapan saja, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, dengan berbekalkan smartphone / perangkat komputer dan internet.

Terkait program Nagari Go-Digital ini sendiri merupakan penjabaran dari amanat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Surat Edaran Dirjendukcapil Kemendagri No. 470/15526/DUKCAPIL tentang Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan, tertanggal 31 Agustus 2018 dan Surat Edaran Dirjendukcapil No. 470/18754/DUKCAPIL tentang Pemanfaatan Data Kependudukan, tertanggal 10 Oktober 2018.

Padang Pariaman, 28 Oktober 2019

WhatsApp Image 2019-10-28 at 2.29.24 PM(2).jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lubuk Linggau pada Senin, 28 Oktober 2019. Maksud dari kunjungan ini adalah untuk melaksanakan studi tiru berkaitan dengan pelayanan yang dilakukan oleh Disdukcapil Padang Pariaman. Rombongan ini berjumlah 8 (delapan) orang, yang terdiri dari 1 (satu) orang sekretaris dinas, 2 (dua) orang kepala seksi, 1 (satu) orang admin database, 3 (tiga) orang staf, dan 1 (satu) orang operator.

Pertemuan dimulai dengan sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Sekretaris Disdukcapil Padang Pariaman, Drs. Martoni, kepada Rombongan studi tiru. Dilanjutkan  dengan penyampaian dari Sekretaris Disdukcapil Kota Lubuk  Linggau, Medholin Sapta Windu, terkait maksud dan tujuan kunjungan.

Padang Pariaman, 17 Oktober 2019

okaaaaaa.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus berusaha untuk mensukseskan Implementasi Nagari Go-Digital di Kabupaten Padang Pariaman, berbagai usaha terus dilakukan, diantaranya mensosialisasikan kepada para perangkat nagari, bidan-bidan desa, puskesmas, serta melalui promosi media sosial agar informasi Aplikasi Dukcapil Ceria Digital dapat terjangkau kepada masyarakat Padang Pariaman.

Kadisdukcapil menjelaskan bahwa kedepannya akan dilakukan pengayaan aplikasi dengan pembuatan QR Code (Barcode), yang memungkinkan masyarakat untuk mencetak dokumen yang mereka urus langsung di nagari, sehingga nantinya kantor dukcapil tinggal mendropped blangko yang dibutuhkan.

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1