Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 4 Februari 2020

WhatsApp Image 2020-02-04 at 10.43.50 (1).jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan briefing di Prisma Room Dukcapil Ceria pada selasa, 4 Februari 2020. Briefing ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil, M. Fadhly S, AP., MM., bersama dengan pejabat eselon lingkungan dukcapil ceria dan admin database yang merangkap programmer. Tujuan Briefing adalah untuk mengkaji persoalan dalam pelaksanaan aplikasi dukcapil ceria digital. Briefing ini merupakan kelanjutan dari agenda sebelumnya (Baca: Sempurnakan Penerapan Inovasi, Dukcapil Lakukan Rapat Evaluasi)

Nagari go digital sebagai ikon utama layanan Dukcapil Ceria menjadi fokus utama pembahasan dalam briefing, meliputi peningkatan kualitas pelayanan. Peningkatan kualitas tidak hanya fokus kepada sarana prasarana, pengembangan aplikasi, tetapi juga menyangkut kepada pengembangan sumber daya manusia. Fokus utama adalah pengembangan SDM dalam pelaksanaan pelayanan Nagari go digital adalah evaluasi kinerja Back Office Team (BOT) Nagari go digital, serta pelaksanaan rotasi dengan front office Team (FOT) layanan biasa pada Kantor Dukcapil Ceria. Disamping itu dilakukan upaya untuk mengoptimalkan semua SDM yang ada tanpa harus melakukan rekrutmen dari luar. Terkait peran BOT sedang dilakukan kajian untuk menerapkan pekerjaan tanpa kantor, sehingga BOT bisa mengerjakan pelayanan melalui perangkat dari rumah.

WhatsApp Image 2020-02-04 at 10.43.46.jpegKadis Dukcapil Ceria juga memberikan beberapa pesan kunci motivasi untuk peningkatan kualitas pelayanan.

“Jangan memberikan ikan, berikan pancing. Kalau diberikan ikan berarti kita akan memberi terus menerus, kita harus mengajak masyarakat melakukan sendiri.” Maksudnya disini, Kadis Dukcapil mengarahkan bahwa jangan sampai masyarakat terus menerus bergantung untuk mengurus dokumen keoendudukannya di nagari. Operator nagari juga harus mengajak dan mengajarkan masyarakat untuk menggunakan aplikasi dukcapil ceria digital sendiri. Jadi bukan kantor dukcapil berpindah ke nagari, tapi bisa berpindah ke rumah masyarakat masing-masing, yang pastinya pelayanan mandiri ini sangat mudah dilakukan sendiri, dan tidak akan memberatkan masyarakat.

Lebih lanjut Kadis Dukcapil Ceria menyampaikan “Lebih baik kita membina satu tapi menghasilkan 3 dari pada membina 10 tapi tak menghasilkan apa-apa. Artinya, bukan kuantitas yang diperhitungkan, tapi kualitas.”

“Jangan berfikir banyak alasan, kita harus berfikir banyak solusi. Sekarang harus berfikir smart, tinggalkan bussiness as usual” Jangan tidak bekerja dengan mencari banyak alasan, ketika ada hambatan, langsung fikirkan solusinya. Kita tidak boleh tertinggal oleh zaman dengan bermaindset bussiness as usual, kita harus menerobos comfortable zone untuk lebih berfikir cerdas.

Agenda menetapkan kebijakan beberapa kebijakan yaitu melakukan rotasi SDM untuk mendukung layanan Nagari go digital dengan tetap menjaga kualitas pelayanan konvensional. Kedua menetapkan Nagari prioritas binaan Dukcapil Ceria untuk layanan Nagari go digital sebagai Nagari model layanan publik berkualitas sehingga menjadi Nagari ONE STOP Service. Semua urusan selesai di Kantor Nagari dengan pelayanan berbasis NIK. Disamping itu menjadikan Nagari binaan sebagai Nagari GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan).

Semangat Dukcapil Ceria
Semangat Inovasi untuk Kemajuan Nagari.
Dari Nagari untuk kemajuan Negeri

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1