Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 13 Januari 2020

1.jpeg

Sebagai bentuk komitmen untuk terus melakukan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan baik, Dukcapil Ceria melakukan evaluasi teknis pelaksanaan kebijakan Nagari go Digital. Evaluasi teknis dilaksanakan dipimpin oleh Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Andriyani, SE, MM, diikuti Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasi Pendataan Penduduk, dan Zulhari A.Md Administrator Database (ADB Dukcapil) serta Back Office Team (BOT) Dukcapil Ceria layanan Nagari go digital, Fityuliana Sarmila dan Andre.

Mulai tahun 2020 layanan Nagari go digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria mobile efektif berlaku untuk seluruh Nagari (Baca: 2020, Dokumen Kependudukan Bisa Cetak Langsung di Seluruh Nagari). Selama minggu pertama Tahun 2020, serta pelaksanaan pada beberapa Nagari pada akhir 2019 terdapat beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi penting dalam pelaksanaan evaluasi teknis.

Pertama, peningkatan kualitas SDM. Untuk mendukung percepatan pelaksanaan layanan Nagari go digital dibutuhkan SDM yang handal serta melek dengan perkembangan teknologi informasi. SDM tidak hanya dilingkungan Dukcapil Ceria tetapi juga dilingkungan Pemerintah Nagari. SDM Dukcapil Ceria dibutuhkan untuk dukungan untuk BOT pada saat meningkatnya trend pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi Dukcapil Ceria digital.

3.jpeg

Yang lebih penting adalah SDM pada Pemerintah Nagari untuk mendukung layanan Nagari go digital. SDM untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait manfaat serta kemudahan yang diperoleh masyarakat dengan menggunakan layanan Nagari go digital. Melakukan fasilitasi pelayanan di Kantor Nagari serta pengelolaan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Nagari. Untuk pencapaian tersebut Dukcapil Ceria terus melakukan pembinaan secara berkelanjutan terhadap Perangkat Nagari terkait untuk peningkatan kualitas pelayanan.

Kedua, sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana menjadi sorotan dalam evaluasi teknis, karena saat ini pelayanan BOT Nagari go digital masih menyatu dengan Front Office layanan Kantor Dukcapil Ceria. Kondisi menimbulkan kecemburuan bagi masyarakat yang melakukan layanan secara konvensional. Untuk menyiasati kondisi ini, Dukcapil Ceria akan melakukan penataan ruang, terutama setelah efektif pemakaian gedung di sebelah Kantor Dukcapil Ceria. Pada sisi lain dukungan peralatan menjadi sorotan, seperti ketersediaan desktop dan printer serta ruangan penyimpanan arsip pelayanan.

Ketiga, dukungan kebijakan. Kebijakan merupakan faktor untuk mendukung kesuksesan penerapan Nagari go digital. Untuk hal ini Dukcapil Ceria melakukan penyempurnaan terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada.

Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria.
Dukcapil Ceria terus improvisasi untuk kesempurnaan inovasi.

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1