Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 13 Januari 2020

81870321_10219245145347015_2643321477541134336_o.jpg

Pelayanan publik yang berkualitas merupakan hak setiap warga negara yang merupakan kewajiban pemerintah sebagai pelaksanaan amanat dari konstitusi. Untuk itu peningkatan kualitas pelayanan publik mutlak harus dilakukan secara terus menerus sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Instansi pemerintah, khususnya instansi pelaksana pelayanan publik harus responsif terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat, dengan selalu menciptakan inovasi pelayanan publik yang berkualitas.

Pesan tersebut menjadi poin kunci amanat apel pagi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly S, AP., MM pada apel di Ibukota Kabupaten (IKK) pada Senin,13 Januari 2020. Apel pagi yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Padang Pariaman diikuti oleh seluruh ASN dilingkungan Sekretariat Daerah, Dinas Kominfo, Badan Kesbangpol, Bapelitbangda, BPKD, Inspektorat Kabupaten dan Dinas PUPR. Kegiatan ini merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam bentuk pelaksanaan rooling pembina apel pagi untuk seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke seluruh Kantor OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, yang bertujuan untuk sosialisasi serta sinkronisasi kebijakan antar OPD.

83084859_10219245168547595_5634423396390404096_o.jpg

Lebih lanjut Kadis Dukcapil Ceria menyampaikan terkait kebijakan peningkatan kualitas pelayanan publik di Dukcapil Ceria. Sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman mengembangkan inovasi pelayanan melalui kebijakan Nagari go digital. Kebijakan Nagari go digital merupakan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berbasis teknologi informasi melalui aplikasi Dukcapil ceria digital dan aplikasi si Pakem (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial)

Kebijakan Nagari go digital merupakan bagian dari pengembangan smart Nagari (Baca: Nagari go digital, pendorong Smart Nagari untuk mewujudkan Smart City). Nagari sebagai entitas yang paling dekat dengan masyarakat merupakan ujung tombak pemerintahan. Untuk itu dengan kebijakan Nagari go digital, pelayanan publik cukup dilakukan melalui Kantor Nagari. Pelayanan dilakukan secara terintegrasi dengan Dukcapil Ceria. Ke depannya program ini akan dilakukan secara terintegrasi dengan beberapa OPD terkait. Dengan demikian akan menghadirkan pemerintah ditengah-tengah masyarakat,  dan mencerminkan pemerintahan yang solid dan terintegrasi dari Nagari, Kecamatan dan Kabupaten.

Untuk pelaksanaan kebijakan Nagari go digital sendiri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah memberikan pembekalan pada 103 nagari di Kabupaten Padang Pariaman pada akhir tahun 2019. Bersama dengan Dukcapil, nagari mengenalkan kepada masyarakat Aplikasi Dukcapil Ceria Digital yang memungkin masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya cukup dari rumah, tanpa harus datang ke kantor untuk melakukan pelayanan, melalui smartphone masing-masing. Dokumen yang diajukan melalui aplikasi ini akan tindaklanjuti oleh Back Office Team (BOT) Dukcapil Ceria dan dicetak langsung di kantor nagari sesuai domisili masyarakat yang mengajukan permohonan tersebut.

Dengan kebijakan Nagari Go Digital merupakan bagian dari Smart Nagari. Melalui smart nagari, akan mendukung mewujudkan Smart City yang merupakan program unggulan di Kabupaten Padang Pariaman.

Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria.

Dukcapil Ceria inspirasi inovasi melayani Negeri.

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1