Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 19 Desember 2019

81213805_1084201388578973_4806698097969201152_n.jpg

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota menunjukkan komitmen nyata untuk mengembangkan inovasi pelayanan adminitrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Sebagai bentuk pelaksanaan komitmen nyata tersebut, Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan Pelatihan Bagi Petugas Nagari untuk Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Rabu, 18 Desember 2019, bertempat di Kantor Dinas Dukcapil, Jalan Olah Raga Nomor 31 Payakumbuh.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kelanjutan bagi pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi aparatur Dinas Dukcapil pada 14 - 15 Desember 2019 dengan narasumber Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman (Baca: Jadi Narasumber, Kadis Dukcapil Ceria berikan Pelatihan pada Aparatur Dukcapil 50 Kota). Nara sumber pada kegiatan pelatihan bagi petugas Nagari ini adalah Zulhari A.Md, administrator database (ADB) Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Pada kegiatan ini Dukcapil Ceria memberikan sharing informasi terkait pengembangan inovasi pelayanan adminduk melalui kebijakan Nagari go digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria mobile dan aplikasi si Pakem. (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial).

79790577_1084201438578968_8875749130652090368_n.jpg

Dengan kebijakan Nagari go digital, Dukcapil Ceria sudah melakukan fasilitasi untuk pelaksanaan layanan cetak dokumen adminduk di Kantor Nagari. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap sejak awal November 2019. Dengan pelaksanaan fasilitasi ini ditargetkan pada akhir Desember 2019 layanan cetak dokumen kependudukan di Kantor Nagari bisa terealisasi untuk seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. (Baca: Cetak Dokumen Adminduk di Kantor Nagari, Kabupaten Padang Pariaman Jadi Pelopor Dukcapil Go Digital di Sumbar).

Berdasarkan sharing informasi tersebut, bagi Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota inovasi pelayanan adminduk sangat penting untuk efektivitas pelayanan adminduk. Kondisi geografis yang luas dan di pegunungan, serta jauhnya masyarakat dari kantor Dukcapil perlu dilakukan terobosan yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan inovasi smart Dukcapil merupakan sebuah terobosan melalui aplikasi berbasis android. Dengan smart Dukcapil bisa memudahkan proses pelayanan adminduk dimana saja tanpa harus datang ke kantor Dukcapil. Dengan aplikasi smart Dukcapil masyarakat bisa mengakses layanan melalui android atau desktop asalkan ada koneksi internet.

Bagi Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan sebuah tantangan tersendiri terkait dengan ketersediaan akses internet di Nagari. Belum seluruh Nagari di Lima Puluh Kota dijangkau oleh akses internet. Sehingga akan berpengaruh terhadap pengembangan inovasi pelayanan adminduk. Dukcapil Lima Puluh Kota akan berupa melalui koordinasi lintas perangkat daerah untuk merealisasikan seluruh Nagari dijangkau akses internet sehingga bisa mendukung layanan smart Dukcapil.
Semangat Nagari go digital, inspirasi inovasi dari Nagari untuk kemajuan Negeri.

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1