Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 18 Desember 2019

 oke 3.jpegDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan rapat eselon 3 dan eselon 4 di Prisma Room Dukcapil Ceria pada Rabu, 18 Desember 2019. Rapat ini ditujukan sebagai evaluasi dan briefing pelayanan terkait dengan publikasi hasil survey kepuasan masyarakat (SKM) tahun 2019 yang baru saja didapatkan kemaren siang pada 17 Desember 2019.

Tantangan dukcapil di tahun depan salah satunya adalah terkait dengan pelayanan pengaduan. “Jangan takut dengan masyarakat yang mengadu”, ujar Kadisdukcapil diawal briefing. Di negara maju sekalipun, contohnya negara Swedia dengan jumlah penduduk 25 juta, pengaduan masyarakat sebanyak 9.000 - 10.000 dalam setahun. Sedangkan Indonesia dengan jumlah penduduk 250 juta, pengaduan hanya sebanyak 8.000 setahun (Sumber: laporan Ombudsman).

Artinya, negara maju dengan banyaknya pengaduan, akan semakin banyak menyelesaikan masalah. Kebutuhan masyarakat semakin meningkat dan permasalahan yang dihadapi tentunya lebih kompleks, maka dari itu layanan pengaduan harus ditambah dan diperluas, sehingga nantinya aparatur sipil sendiri yang akan mengajak masyarakat untuk mengadu, agar masalah yang dihadapi masayarakat terselesaikan.

oke 7.jpeg

“Jangan berfikir dan merasa puas dengan standar pelayanan jalan, SOP jalan, maklumat pelayanan jalan, itu sudah harus. Kita harus berfikir hal yang baru lebih dari itu” tambah Kadisdukcapil Ceria. Oleh karena itu, tim dukcapil ceria harus memberikan inovasi pelayanan yang benar-benar akan memanjakan dan memberikan kepuasan terhadap masyarakat.

Kemudian untuk melaksanakan survey kepada masyarakat yang melaksanakan layanan di kantor dukcapil, Kadisdukcapil meminta tim dukcapil ceria untuk melakukan wawancara terhadap masyarakat terkait kepuasan dan kelancaran pengurusan dokumen kependudukan, untuk memberi masukan kepada petugas front officer yang memberikan pelayanan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, apakah petugas ramah, pelaksanaannya mudah, proses lancar, dan lain sebagainya. 

Poin selanjutnya, kedepannya untuk siswa magang yang ikut membaur dengan petugas dukcapil ceria, harus menggunakan kokarde yang menunjukkan bahwa siswa tersebut merupakan siswa yang melaksanakan pembelajaran, hal ini untuk mengantisipasi jika nanti ada pertanyaan yang ditanyakan oleh masyarakat, atau sikap yang tidak sesuai dengan standar pelayanan yang ditunjukan oleh siswa tersebut, masyarakat bisa langsung mengetahui bahwa itu bukan petugas profesional dukcapil. 

oke 9.jpeg

Untuk tahun depan, Nagari sebagai unit terdepan yang paling dekat dengan masyarakat akan dijadikan sebagai pusat pelayanan publik, one stop service, sehingga nantinya akan ada petugas front officer nagari sejumlah 2-3 orang dan ada ruang tunggu, disana petugas nagari akan melayani penduduk dengan layanan digital (komputer), dicobakan 3 bulan ini untuk mengelola program, sistem, arsip, yang masih sederhana.

Tahun depan akan dibuat lebih terarah dan kompleks. Disini harus dibuat paradigma baru, bahwa layanan publik bukan tanggung jawab dukcapil saja, tapi tanggung jawab bersama, baik nagari, kecamatan, dan pihak terkait lainnya. Karena dengan kerjasama kita akan membangun sistem yang kokoh, cepat, efektif dan efisien.

Hal-hal yang menjadi perhatian dalam menciptakan Nagari Go Digital adalah:
1.Sistem Open SID
OpenSID adalah Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dibuat supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID. SID diharapkan dapat membantu pemerintah nagari dalam beberapa hal, yaitu: kantor nagari lebih efisien dan efektif, berbasis komputer, pemerintah nagari lebih transparan dan akuntabel, layanan publik lebih baik, warga mendapat akses lebih baik pada informasi nagari, mendukung fungsi dan tugas kantor nagari, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dan sebagainya.

oke 6.jpeg

2.Pelayanan, yang mencakup:
a)Kompetensi Petugas
b)Persyaratan
c)Standar Pelayanan
d)Arsip

3.Inovasi

Dengan terimplementasinya Nagari Go Digital dengan one stop service tentunya akan menjadikan kantor Nagari sebagai ujung tombak dan pusat pelayanan, sehingga masyarakat akan menerima layanan lebih dekat dengan mengurus langsung ke kantor nagari tanpa harus datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang bagi beberapa masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman masih tergolong jauh. Nantinya layanan ini akan dikembangkan untuk semua jenis layanan dari perangkat Daerah Kabupaten.

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1