Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 25 November 2019

evaluasi siapekm dinkes 1.jpeg

Inovasi siPakem merupakan kebijakan kolaborasi antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman yang telah diterapkan sejak tahun 2018. (Baca: Peringati Hari Kesehatan Nasional, Kabupaten Padang Pariaman Terima Anugerah Menteri Kesehatan 2019). Inovasi ini terus dilakukan pengembangan serta penguatan untuk kelancaran pelaksanaan di lapangan. Selama hampir satu tahun penerapan inovasi ini telah menunjukkan kemajuan dalam pengelolaan kebijakan pencatatan sipil dan statistik hayati (PS2H). (Baca: Perkuat Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian, Tenaga Kesehatan Mendapat Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi siPakem).

Beberapa catatan perjalanan dari inovasi siPakem antara lain diperolehnya data terkait kelahiran, serta kematian, data kematian yang belum dilakukan autopsi verbal (AV) serta ada beberapa kendala di lapangan terkait pemahaman oleh tenaga kesehatan, maupun oleh Pemerintah Nagari. Terkait dengan kendala di lapangan perlu dilakukan kebijakan komprehensif antar sektor sehingga tercipta solusi penyelesaian yang lebih baik.

evaluasi siapekm dinkes 3.jpeg

Catatan perjalanan perkembangan inovasi si Pakem tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam acara Rapat Evaluasi Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Kesehatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan, pada Sabtu 23 November 2019. Rapat ini dilaksanakan pada 22 – 24 November 2019 bertempat di Hotel Rocky Padang dan diikuti oleh jajaran Dinas Kesehatan, pimpinan Puskesmas se Kabupaten Padang Pariaman serta pemangku kepentingan lainnya.

Salah satu poin kunci yang muncul dalam diskusi adalah data penduduk yang bermasalah terkait dengan wilayah administrasi Pemerintahan serta cakupan wilayah layanan dari suatu puskesmas. Permasalahan terjadi pada Nagari yang berbatasan, tetapi belum memiliki ketegasan dalam batas wilayah. Penduduk tercatat dalam administrasi kependudukan pada wilayah Nagari A, sedangkan layanan kesehatan masuk kepada wilayah Nagari B. Kondisi ini memiliki dampak terhadap penerapan inovasi siPakem.

Untuk itu perlu dilakukan penegasan batas wilayah Nagari di Kabupaten Padang Pariaman sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan ditetapkan melalui Peraturan Bupati. Pada sisi kebijakan kesehatan cakupan wilayah kerja Puskesmas perlu dilakukan penataan ulang dengan memperhatikan batas wilayah Nagari maupun Korong. Dengan batas wilayah yang jelas serta cakupan wilayah kerja Puskesmas berdasarkan Nagari atau Korong yang berdekatan maka diharapkan layanan kesehatan berbasis NIK dengan sistem digital bisa berjalan dengan baik.  

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1