Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 25 November 2019

14 nagari pilot project 1.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah menetapkan kebijakan Nagari Go Digital dengan mengembangkan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi Si Pakem. Untuk percepatan pelaksanaan kebijakan Nagari Go Digital dilakukan melalui pengembangan layanan cetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kantor Nagari dengan menetapkan 10 Nagari pilot project. (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari).

Sebagai kelanjutan dari kebijakan Nagari Go Digital, Dinas Dukcapil sudah menetapkan 14 Nagari prioritas berikutnya untuk layanan cetak dokumen di Kantor Nagari. Nagari yang masuk dalam prioritas berikutnya adalah ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan user aplikasi Dukcapil Ceria Mobile dan aktivitas user Nagari dalam pengelolaan aplikasi si Pakem. Perkembangan user Dukcapil Ceria Mobile dilihat melalui list user melalui admin aplikasi serta untuk aktivitas user Nagari dalam aplikasi si Pakem dilihat melalui menu dash board si Pakem.

Nagari dengan jumlah user Dukcapil Ceria Mobile paling tinggi adalah Nagari Katapiang, dan mengalahkan jumlah user tertinggi dari 10 Nagari pilot project. Nagari dengan tingkat perkembangan user paling cepat adalah Bisati Sungai Sariak dan Koto Dalam Selatan. Sedangkan Nagari dengan tingkat aktivitas user Nagari paling tinggi dalam aplikasi si Pakem adalah Nagari Guguak.

14 nagari pilot project 2.jpeg

Nagari prioritas layanan cetak dokumen yaitu: Batu Kalang dan Koto Dalam Kecamatan Padang Sago, Bisati Sungai Sariak Kecamatan VII Koto, Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Guguak Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kasang dan Katapiang Kecamatan Batang Anai, Koto Tinggi Kecamatan Enam Lingkung, Lubuk Alung dan Pungguang Kasiak Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung, Pilubang Kecamatan Sungai Limau, Sicincin Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, dan Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis.

Sebagai persiapan untuk layanan cetak dokumen di 14 Nagari prioritas, Dinas Dukcapil mengadakan fasilitasi percepatan layanan kepada Pemerintah Nagari. Kegiatan fasilitasi dilaksanakan di ruangan prisma Dukcapil Ceria pada Jumat siang, 22 November 2019. Fasilitasi dihadiri oleh Wali Nagari, Sekretaris Nagari serta perangkat Nagari yang telah dilatih dalam penggunaan aplikasi (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial)

Dalam sambutannya Kadis Dukcapil menyampaikan arah kebijakan pengembangan Nagari digital di Kabupaten Padang Pariaman. Sesuai dengan perkembangan kebijakan mewujudkan Smart Nagari dan program Go Digital, maka Dinas Dukcapil menyusun program terarah agar menghasilkan progres yang terukur. Oleh sebab itu, pembinaan Nagari Go Digital dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu :

  1. Nagari Go Digital Pemula
  2. Nagari Go Digital Madya
  3. Nagari Go Digital Lanjut
  4. Nagari Go Digital Prima

14 nagari pilot project 3.jpeg

Setiap kategori harus memenuhi kriteria tertentu yang akan disosialisasikan lebih lanjut dan akan dilakukan asistensi oleh Dinas Dukcapil untuk pencapaiannya.

Dengan telah ditetapkan 14 Nagari prioritas layanan cetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Nagari, maka sudah ada 24 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman yang bisa melakukan cetak dokumen tanpa harus datang ke Kantor Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman yang berada di wilayah Kota Pariaman.

Semoga 24 Nagari ini bisa menjadi pionir penerapan kebijakan Nagari digital di Kabupaten Padang Pariaman.

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1