Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 8 November 2019

1aba.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Prisma Room Dukcapil Ceria, Jumat, 8 November 2019. Kunjungan ini dipimpin oleh Peneliti Ahli Utama Kemenkes, Prof. Dr. Anwar Musadad, SKM., M.Kes. dengan memboyong 5 (lima) anggota yang terdiri dari 2 (dua) orang Staf Kementerian Kesehatan, 1 (satu) orang Kepala Bidang Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, dan 2 (dua) orang Kepala Seksi Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi kegiatan Sistem Pelaporan Pencatatan Kelahiran dan Kematian (SiPakem) sebagai bagian dari PS2H (Pencatatan Sipil dan Statistik Hayati). Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman didampingi oleh operator khusus Si Pakem serta beberapa orang Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dukcapil Ceria ikut serta dalam diskusi kunjungan.

1abab.jpeg

Program Si Pakem sendiri merupakan program kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Bappenas yang di Indonesia pertama kali dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Aplikasi ini melayani pelaporan dari sejak kehamilan hingga kelahiran, kematian serta penyebab kematian dengan data autopsi verbal (AV). (Baca:Perkuat Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian, Tenaga Kesehatan Mendapat Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi siPakem)

1d.jpeg

Melalui kunjungan ini didapatkan poin kunci yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan program Si Pakem, yaitu :

1. Perbandingan antara jumlah penduduk dengan jumlah wilayah di Kabupaten Padang Pariaman terhadap pelaporan kehamilan dan kematian;

2. Sistem pelaporan yang terintegrasi dari masyarakat, nagari dan tenaga kesehatan;

3. Estimasi Angka Kelahiran Hidup;

4. Perbandingan antara jumlah data kematian real dengan data kematian yang dilaporkan ke sistem apliaksi;

5. Penyempurnaan beberapa menu dalam aplikasi Si Pakem;

6. Upaya dalam melengkapi data peristiwa kelahiran dan kematian (publikasi data autopsi verbal).

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1