Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 7 November 2019.

WhatsApp Image 2019-10-30 at 11.16.03 AM.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman mulai merealisasikan program lanjutan Nagari Go Digital yang dapat menerbitkan langsung dokumen kependudukan di nagari-nagari melalui penyediaan alat pencetakan. (Read:Berikan Briefing Dukcapil Ceria Go-Digital kepada Petugas Internal Dukcapil, Kadisdukcapil jelaskan kedepannya akan dibuat QR Code)

10 (sepuluh) nagari telah ditetapkan sebagai Pilot Project untuk diuji coba sebelum diterapkan langsung kepada 103 nagari di Kabupaten Padang Pariaman. 5 (lima) nagari gelombang pertama yaitu Nagari Seulayat Ulakan, Sandi Ulakan, Kapalo Koto, Kurai Taji Timur, dan Sikucua, ditetapkan pada jumat (1/11) lalu, sedangkan 5 (lima) nagari gelombang selanjutnya yaitu Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak, Gasan Gadang, Parit Malintang, Sungai Gimba Ulakan, dan Malai V Suku, ditetapkan pada senin (6/11).

Dengan adanya Nagari Pilot Project ini masyarakat sudah bisa mengurus dokumen kependudukan dan penerbitannya full langsung di nagari, dimana data dapat diinput sendiri melalui smartphone dengan menggunakan Aplikasi Dukcapil Ceria Digital atau dapat dibantu penginputan langsung oleh operator nagari,  sehingga penerbitan dokumen kependudukan yang diurus oleh masyarakat lebih cepat tanpa harus mengirim lewat PT. POS Indonesia dari Kantor Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman.

dukcapil.jpg

Untuk saat ini dokumen kependudukan yang dapat dicetak langsung di Nagari Pilot Project adalah Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan Akte Kematian. Dukcapil ceria melakukan dropped blangko secara berkala sesuai dengan kebutuhan masyarakat di nagari tersebut.

Ada beberapa poin kunci yang saat ini ditugaskan oleh Dukcapil Ceria kepada nagari di Kabupaten Padang Pariaman, yaitu:

  1. Menginformasikan kepada masyarakat terkait Nagari Go-Digital;
  2. Mengenalkan aplikasi Dukcapil Ceria Digital kepada masyarakat yang memiliki smartphone atau membuka lewat link web di perangkat komputer;
  3. Membantu instalasi aplikasi Dukcapil Ceria Digital serta membuat akun pribadi;
  4. Mengenalkan menu dalam aplikasi; 
  5. Mempraktekkan penggunaan menu layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil; serta
  6. Menginformasikan kepada masyarakat terkait Nagari Pilot Project (nagari yang sudah dapat menerbitkan dokumen kependudukan langsung) khusus untuk 10 Nagari Pilot Project.
Pin It