Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 17 Oktober 2019

okaaaaaa.jpeg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus berusaha untuk mensukseskan Implementasi Nagari Go-Digital di Kabupaten Padang Pariaman, berbagai usaha terus dilakukan, diantaranya mensosialisasikan kepada para perangkat nagari, bidan-bidan desa, puskesmas, serta melalui promosi media sosial agar informasi Aplikasi Dukcapil Ceria Digital dapat terjangkau kepada masyarakat Padang Pariaman.

Kadisdukcapil menjelaskan bahwa kedepannya akan dilakukan pengayaan aplikasi dengan pembuatan QR Code (Barcode), yang memungkinkan masyarakat untuk mencetak dokumen yang mereka urus langsung di nagari, sehingga nantinya kantor dukcapil tinggal mendropped blangko yang dibutuhkan.

okaaaa.jpeg

“Kedepannya kita akan menciptakan QR Code yang akan dikirim ke gadget penduduk, jadi masyarakat dapat memprint di nagari. Hal ini dapat terlaksana jika kantor wali nagari berani berinvestasi mesin cetak kartu keluarga, akte-akte, dan pencatatan sipil lainnya, kita tinggal dropped blangko, pertanggung jawabannya dari QR Code yang diberikan.  Kalau sekarang masyarakat mengapply dari aplikasi, kita mencetak disini kemudian dikirim lewat via POS. Kalau nanti kita bisa kirim QR Code dokumen di handphone masyarakat sendiri, kemudian dicetak di kantor-kantor nagari, ke depannya bisa seperti itu, namun untuk sekarang kita jalankan setengahnya dulu.” jelas Fadhly.

Jika nanti aplikasi ini sukses dijalankan oleh semua penduduk di Kabupaten Padang Pariaman, efeknya kunjungan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman akan menurun, tetapi back office bekerja lebih terukur, karena command yang masuk jelas, kemudian diproses jelas, serta yang mengelola pun jelas.

Kadisdukcapil Padang Pariaman juga menjelaskan bahwa nantinya jam kerja di Dukcapil Ceria akan dibuat bershift, selain pukul 07.30-16.00 wib akan ada jam kerja shift 2 (dua) yaitu pukul 16.00-20.00 wib, karena harus ada yang stand by mengurus data yang diproses masyarakat hingga malam hari.

Kadisdukcapil Padang Pariaman di akhir briefingnya juga menyampaikan bahwa untuk menggunakan aplikasi ini masyarakat diharapkan menggunakan kamera yang jelas (tidak buram) saat memfoto dokumen persyaratan agar data dapat terbaca oleh operator.

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1