Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 11 Oktober 2019

2019_1011_12042400.jpg

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memfasilitasi persiapan pelayanan Nagari Go-Digital untuk 103 nagari di Kabupaten Padang Pariaman selama 7 (tujuh) hari, terhitung mulai tanggal 4 Oktober 2019 s.d. 14 Oktober 2019. Pelaksanaan pembekalan ini sendiri dilaksanakan bergantian, sebanyak 15 nagari setiap harinya mengirimkan perwakilan untuk datang ke Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dan menerima pembekalan Nagari Go-Digital di Prisma Room.

Pada kesempatan ini, tim Dukcapil Ceria menjelaskan penggunaan aplikasi Dukcapil Ceria Digital Mobile yang dapat digunakan oleh petugas nagari dalam mempercepat pelayanan, sehingga nantinya perubahan data penduduk dan pengupdate-an dokumen dapat dilaksanakan langsung di nagari, kemudian juga diberikan pelatihan mengenai pengelolaan website nagari, serta pemahaman dan pemberian akses siPAKEM (Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian) untuk nagari.

Perwakilan nagari yang ditunjuk untuk melaksanakan pelatihan nagari Go-Digital diberikan “PR” (pekerjaan rumah) untuk mengajarkan cara penggunaan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile pada perangkat atau staf nagari lainnya, serta juga mengajarkan pada anak-anak millenial di nagari. Dengan penggunaan aplikasi ini kita dapat mengakses data kependudukan dimana pun dan kapan pun tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Kepala Dinas Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly S, AP. MM., saat memberikan pengarahan Nagari Go-Digital di hari ke-6, menjelaskan bahwa “Padang Pariaman wilayahnya sangat luas, untuk mengurangi jarak itu kami membuat aplikasi pelayanan Dukcapil Ceria Digital, layanan untuk perubahan kartu keluarga, akte kelahiran, akte kematian, dan pindah datang cukup pakai aplikasi ini dengan mengupload dokumen. Jadi, masyarakat cukup bertemu dengan kita diaplikasi saja, sehingga mengurangi kunjungan, jadi pelayanan di kantor hanya terkait permasalahan yang pelik dan sangat rumit untuk diselesaikan di nagari." ujar Beliau.

Ibu Diana Anggraeni dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, yang menghadiri pembekalan Nagari Go-Digital di Prisma Room Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman pada hari ke-6 ini juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi bantuan dari petugas nagari untuk bergabung menjadi perpanjangan tangan disdukcapil, “Saya mengucapkan terimakasih, tanpa bantuan bapak/ibuk data kami kurang atau mungkin tidak akan akurat, sehingga kami harapkan dan mohon agar bapak/ibu dapat membantu, khususnya pelayanan-pelayanan dasar yang ada di wilayah bapak/ibu, seperti kelahiran, kematian ataupun data-data yang memang belum masuk ke dalam Kartu Keluarga, saya minta jika memang nanti ada di wilayah bapak/ibu yang belum terdaftar, yang belum masuk kartu keluarga, tolong dibantu dan langsung dibuatkan akte kelahiran." jelas Beliau.

Melalui pelaksanaan Nagari Go-Digital, pemerintah nagari akan menjadi objek yang paling dekat dengan masyarakat dalam pelayanan, Disdukcapil akan memberikan akses Sistem Informasi Administrasi Kependudukan sampai ke tingkat nagari. Hal ini juga mendukung program pemerintah khususnya Kementerian Dalam Negeri dengan Dukcapil Go Digital. Dengan program ini, proses pelayanan pemutakhiran Kartu Keluarga pada beberapa elemen data sudah bisa di-update di nagari. 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1