Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 5 Juli 2019

sipakem.jpgDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berkomitmen meningkatkan pencatatan kelahiran dan kematian berdasarkan penyebab penyakit. Pencatatan ini akan memberikan manfaat bagi dua Organisasi Perangkat Daerah yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Kesehatan. Mewujudkan komitmen ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan bimbingan teknis kepada 25 orang pengelola kesehatan Ibu dan anak (KIA) disetiap puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman. Bimbingan teknis yang diberikan terkait dengan inovasi yang telah dibangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diberi nama SiPakem (Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa SiPakem adalah bagian dari sistem e-Life, sebuah sistem yang sedang dirancang untuk pencatatan data semua aspek kehidupan masyarakat Padang Pariaman berbasis Nomor Induk Keoendudukan yang ada hubungannya dengan program-program pemerintah. “Pencatatan kelahiran dan kematian dengan penyebab penyakit menjadi bagian dari PS2H (Pencatatan Sipil dan Statistik Hayati) yang harus didukung oleh semua pihak. Disdukcapil dalam hal ini mendukung pendataan berbasiskan Nomor Induk Kependudukan,”jelas Muhammad Fadhly yang setahun lalu mengikuti Short Course PS2H/CRVS di Korea Selatan.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 25 pengelola KIA dan staf Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman mendapatkan bimtek tentang penggunaan aplikasi SiPakem. Aplikasi ini mencakup proses input pelaporan kelahiran dan kematian dan saat ini juga dikembangkan untuk pengisian data kohort ibu yang merupakan catatan mulai usia kehamilan.

Kepala Dinas Kesehatan Yutiardi sangat mendukung program ini, dimana akan memudahkan pekerjaan petugas kesehatan di nagari dengan menggunakan aplikasi. “Saat ini petugas kita masih bekerja secara manual menggunakan kertas, dengan aplikasi ini akan lebih mudah dan cepat,” jelas Yutiardi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman.

Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil terus mengembangkan berbagai aplikasi yang memanfaatkan data dalam pelayanan publik.

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1