Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 12 Juni 2019

IMG-20190612-WA0007.jpgMengantisipasi padatnya kunjungan layanan pasca lebaran Idul Fitri 1440 H, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman ternyata telah menyiapkan sarana pelayanan yang dimulai sejak tahun lalu. Dengan diberi nama Layanan Mandiri Ceria (Laman Ceria), layanan ini merupakan layanan cepat yang disediakan untuk masyarakat yang memiliki urusan yang sederhana dan tidak perlu waktu lama serta tidak terdapat permasalahan data pelayanan. Disaat masyarakat mendaftarkan pelayanan, petugas pengecekan berkas melakukan verifikasi terhadap kebutuhan pelayanan masyarakat, dan disinilah ditentukan layanan cepat agar masyarakat tidak menunggu lama.

Layanan ini terdapat pada front office bagian luar. Terdapat sebuah meja dengan peralatan komputer yang digunakan untuk menerbitkan dokumen kependudukan dan dikelola oleh seorang operator pembantu. Operator pembantu akan membantu menyelesaikan urusan masyarakat pada layanan ini sesuai dengan berkas yang dibutuhkan.

Dengan fasilitas tanda tangan elektronik, layanan ini akan langsung selesai tanpa melalui loket lain. Artinya, cukup dengan layanan ini dokumen langsung bisa dibawa pulang, tidak perlu lagi antri pada loket pengambilan berkas. Melalui proses seperti ini, telah memotong rantai birokrasi dan menghemat waktu layanan. Tetapi layanan ini hanya berlaku bagi penduduk dengan berkas sederhana seperti hanya memerlukan perubahan kartu keluarga, memperbaiki kartu keluarga karena perubahan data dan layanan yang sifatnya tidak bermasalah atau berhubungan dengan layanan lain seperti akte kelahiran. Meski demikian, sarana layanan cepat ini telah mampu mengurangi antrian pada front office karena tidak semua pelayanan perlu mengantri lama.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menegaskan bahwa pihaknya terus membuat terobosan baru dalam mempercepat pelayanan dengan sumber daya yang tersedia, termasuk layanan cepat pada layanan mandiri ini. “Kita berupaya membangun sarana yang bisa mempercepat pelayanan, tentu saja dengan menggunakan teknologi. Termasuk melatih kesiapan aparaturnya,” jelas Muhammad Fadhly. Pada saat ini, Dinas Dukcapil Padang Pariaman telah membangun beberapa metode percepatan pelayanan diantara fasilitas menggunakan gadget dan layanan melalui android sorta pelayanan tatap muka dilapangan dengan beberapa merk Inovasi diantaranya Alpa Beta, Tamasya dan Gerai Dukcapil.

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1