Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, Kamis 23 Mei 2019

pasbar.jpg

Bertempat di ruang Prisma Dukcapil (Pusat Riset Statistik dan Management Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang dipimpin oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Pasaman Barat. Sesuai dengan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 050/311/Bappeda/V/2019, turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Pasaman Barat, juga didampingi oleh bêberapa staf dan walinagari.

Sesuai dengan maksud kunjungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten menyajikan data kependudukan yang telah terkoneksi dengan beberapa sistem pendukung pelayanan pada beberapa instansi. Diantaranya adalah Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Dinas Sosial. Dinas Dukcapil Padang Pariaman telah mengambangkan data kependudukan uituk dimanfaatkan oleh OPD lain, yang berbasiskan NIK. Aplikasi yang didukung dengan pemanfaatan data kependudukan dan dikembangkan saat ini adalar aplikasi dalam pendataan kepersertaan program keluarga berencana oleh Dinas PPKB. Selain itu Dinas Kesehatan juga telah memanfaatkan pemanfaatan NIK ini dalam Sistem Informasi dan Managemen Rumah Sakit yang diterapkan di Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman di Parit Malintang.

Sehubungan dengan Kabupaten Padang Pariaman menjadi pilot project nasional dalam PS2H (Pencatatatan Sipil Hayati), dalam kunjungan ini dibahas pemanfaatan data kependudukan untuk penyusunan data management stunting (DMS) yang mengharuskan adana integrasi data penduduk degna Bidang lain supertitles Bidang kesehatan (aplikasi e-PPGBM), DPMN (Data Posyandu), Dinas Sosial (Data BDT dan Rastra) tengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa Kabupaten Padang Pariaman telah mulat memanfaatan data kependudukan dalam pelayanan yang dibutuhkan oleh OPD lain, nutuk menghasilkan data pelayanan yang akurat.

“Kita telah membangun beberapa aplikasi untuk mendukung OPD melaksanakan layanan publik dibidangnya masing-masing dengan menggunakan data kependudukan yang benar, berdasarkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Dengan menggunakan data kependudukan, data yang dihasilkan oleh OPD akan akurat. Tidak seperti sebelumnya yang ditulis secara manual, sehingga banyak terjadi kesalahan dalam penginputan manual. Kami telah melakukan uji petik beberapa data pada beberapa OPD yang menghasilkan data penduduk dalam pelayanannya. Disini ditemukan data yang tidak valid dan ini akan menimbulkan masalah dalam tindaklanjut program oleh OPD terkait,” jelas Muhammad Fadhly.

Pada kesempatan tersebut, Asisten 2 Pemkab Pasaman Barat menyampaikan keseriusan pemerintah Kabupaten Pasaman Barat uituk melakukan hal yang telah dilakukan Kabupaten Padang Pariaman. Sebagai tindaklanjut dari kunjungan ini, akan dilaksanakan pasca lebaran Idul Fitiri secara teknis, yang difasilitasi juga oleh tenaga teknis dari Universitas Andalas yang juga hadir dalam kesempatan ini dipimpin oleh DR Denas , yang sedang menjalankan program Data Management Stunting (DMS) di Pasaman Barat.

Diharapkan dengan kunjungan ini akan membawa dampak pada pengembangan program diberbagai Bidang sengam menggunakan data kependudukan secara online sehingga menghasilkan data yang akurat.

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1