Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Pariaman, 14 Mei 2019

kemenkes dan bupati.jpgDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah membuat aplikasi SIPAKEM (Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian) dalam rangka peningkatan pelayanan pencatatan kelahiran dan kematian di Kabupaten Padang Pariaman yang dikembangkan dan di uji cobakan pada tahun 2018.

Pada tahun 2019, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Kemenkes Republik Indonesia (Puslitbang RI) memberikan kesempatan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk melakukan ekspos SIPAKEM yang dilengkapi dengan penyebab kematian pada pencatatan kematian.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten padang pariaman dijadikan sebagai salah satu Pilot Project untuk Penguatan Sistem Pencatatan Kelahiran, Kematian dan Penyebab Kematian sebagai bagian dari Pencatatan Sipil dan Statistik Hayati (PS2H) bersama Kota Makasar dan Kabupaten Kudus. Tindak lanjut dari kegiatan ini, Bapak Dede Anwar Musadad, SKM, M.Kes bersama rombongan mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman pada tanggal 29 April 2019 dan juga di hadiri oleh Bupati Kabupaten Padang Pariaman .

Bupati melakukan ekspos tentang pelaporan kelahiran dan kematian yang dilanjutkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten padang pariaman tentang ekspos teknis terkait pelaporan kelahiran dan kematian kematian. “Dengan adanya sistim ini diharapkan kedepannya pencatatan kelahiran dimulai dari kehamilan dan kematian dilengkapi dengan penyebab kematian yg detail, sesuai dengan standar internasional ” M.Fadhly S,AP MM menambahkan.

Jika project tersebut berhasil, diharapkan dapat menjadi acuan untuk di replika oleh daerah lainnya dalam pencatatan kelahiran dan kematian yang terintegrasi. Proses pelaporan kelahiran dan kematian tersebut melibatkan bidan-bidan, tenaga medis, puskemas dan rumah sakit yang dalam pelaksanaannya menggunakan aplikasi berbasis android yang nantinya didukung oleh aturan-aturan pelaksanaan tentang pelaporan tersebut.  

Diharapkan semua instansi yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mulai mempersiapkan diri melakukan aktivitas yang mendukung smartcity Kabupaten Padang Pariaman ini.

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1