Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Jakarta, 27 November 2018.

WhatsApp Image 2018 11 27 at 13.51.02 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali menorehkan prestasi dalam kontes pelayanan publik yang secara berkesinambungan dievaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi setiap tahunnya. Dengan nilai pada kategori Sangat Baik (A-) bersama 23 Disdukcapil lainnya se-Indonesia,  menunjukkan instansi ini pada skala pelayanan publik yang memenuhi kriteria-kriteria pelayanan pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Penghargaan ini diterima pada acara penyerahan penghargaan pelayanan publik di Balai Kartini Jakarta, 27 November 2018 yang langsung di terima oleh Bupati Padang Pariaman dan Kadisdukcapil Padang Pariaman, Muhammad Fadhly.

Dijelaskan bahwa Kemenpan RB telah menilai dan meninjau penyelenggaraan pelayanan publik di Padang Pariaman sejak awal tahun ini, dilanjutkan dengan evaluasi dan pembuktian pada objek pelayanan oleh tim pusat pada pertengahan bulan Agustus lalu yang juga beranggotakan tim inovasi dari LAN RI.

Ada tiga OPD yang menjadi objek penilaian oleh Kemenpan dan RB yaitu Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian yang juga mendapat kategori sangat baik,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan RSUD Padang Pariaman.

WhatsApp Image 2018 11 27 at 13.51.51

Penilaian mencakup enam aspek dengan bobot nilai yang berbeda dimasing-aspek yaitu Kebijakan pelayanan 30%, Profesionalisme SDM 18%, Sarana Prasarana 15%, Sistim Informasi 15%, Konsultasi dan Pengaduan 15% dan Inovasi 7 %.

"Semua indikator penilaian sudah kita penuhi dan memuaskan tim penilai. Dari penilaian itu, Disdukcapil mendapatkan nilai A-, diikuti oleh Dinas PMPTP dengan A- dan RSUD yang masih perlu serius untuk peningkatan", jelas Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni.

Seperti dijelaskan Kadisdukcapil, Muhammad Fadhly, Dinas Dukcapil Padang Pariaman terus berbenah memenuhi standar layanan publik secara bertahap, meski dengan anggaran yang terbatas. Pemenuhan standar layanan dilakukan secara bertahap termasuk peningkatan kualitas SDM. Sistem informasi yang beranjak digital juga menjadi isu penting yang dilakukan pembenahan. Semua dilakukan seiring bersama tim kerja yang solid.

"Ini hasil kerja "tim work" Disdukcapil, dan penghargaan ini untuk mereka dan masyarakat Padang Pariaman", Muhammad Fadhly menjelaskan.
"Meski sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan, bukan berarti tidak ada kekurangan dalam pelayanan. Kebutuhan masyarakat akan kualitas standar pelayanan terus meningkat. Oleh karena itu aparatur tidak boleh ketinggalan dari tuntutan kemajuan. Jika harus alih teknologi, maka harus dilakukan. Jika harus membuat standar yang lebih tinggi, maka harus dibuat. Jika harus mengadakan sarana prasarana pelayanan untuk masyarakat, maka harus diadakan. Saya berharap tim anggaran dan DPRD memberi dukungan penuh terhadap sarana prasarana pelayanan, untuk memudahkan masyarakat, supaya tidak tertinggal dari daerah lain", terang Kadisdukcapil Muhammad Fadhly menutup pembicaraan.

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1