Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Foto Pelayanan Pasien RSJDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menjangkau berbagai kalangan yang membutuhkan pelayanan publik. Tidak hanya pelayanan bagi masyarakat yang yang datang ke dinas, tetapi juga pelayanan yang harus membutuhkan dinas Dukcapil untuk turun langsung ke rumah masyarakat karena sesuatu alasan tertentu. Sebut saja pelayanan bagi penyandang cacat, pelayanan bagi lansia atau orang sakit yang tidak bisa datang ke dinas, pelayanan bagi narapidana di lembaga pemasyarakatan dan pelayanan bagi penderita gangguan jiwa. 

Untuk penderita gangguan jiwa, baru-baru ini dinas Dukcapil Padang Pariaman mengunjungi rumah (atau lebih tepatnya tempat pengasingan) penderita. Penderita diasingkan dengan alasan untuk menjaga kenyamanan lingkungan sebelum penderita mendapatkan perawatan ke rumah sakit jiwa. Agar bisa dirawat, penderita gangguan jiwa ini harus terdata dalam kartu keluarga dan memiliki KTP elektronik. Banyak tantangan bagi dinas Dukcapil untuk merekam penderita gangguan jiwa. Dengan bantuan masyarakat dan keluarga terdekat, perekaman bisa dilakuakn.

Ada yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan pelayanan seperti ini. Dinas Dukcapil menerima keluhan atau pengaduan dari masyarakat tentang permasalahan administrasi kependudukan termasuk kebutuhan pelayanan bagi lansia/disabilitas/orang sakit dan penderita gangguan jiwa seperti ini. Caranya cukup dengan melaporkannya ke nomor pengaduan yang telah disediakan yaitu 0751-93399 atau Whatsapp 08116943000 atau melalui aplikasi android Dukcapilceria Mobile pada konten Tamasya (Tampek Mangadu Masyarakat). Setelah pengaduan diterima oleh petugas dinas Dukcapil, selanjutnya dinas Dukcapil akan menurunkan petugas untuk menindaklanjutinya dengan melakukan pelayanan ke rumah.

Dengan layanan ini, dinas Dukcapil Padang Pariaman mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dan menyebarkan informasi ini kepada pihak yang membutuhkan.

(Humas Disdukcapil Padang Pariaman)

 

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1