Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

pelayan langsung ke SMA

Sebanyak 20% masyarakat Kabupaten Padang Pariaman teridentifikasi belum melakukan perekaman data biometrik KTP-elektronik dimana posisi masyarakat yang bersangkutan sebagiannya ada di perantauan. Sementara sebagian yang lain bertempat tinggal di nagari tetapi enggan mengunjungi lokasi perekaman KTP-el yang dibuka oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Oleh karena KTP-elektronik sangat dibutuhkan dalam proses demokrasi mulai dari proses pemilihan walinagari ditingkat nagari sampai kepada proses demokrasi skala nasional, Bupati Padang Pariaman himbau masyarakat untuk sesegera mungkin melakukan perekaman dengan mengunjungi lokasi perekaman KTP-el di kecamatan-kecamatan, di Dinas Dukcapil dan dilokasi-lokasi yang dibuka oleh dinas Dukcapil dengan pelayanan keliling “pedang saber versi 2”.

 “Bagi yang tidak melakukan perekaman, dimungkinkan akan dihapus datanya setelah dilakukan pengecekan ulang dari sistem yang digunakan Dukcapil. Oleh sebab itu segera lakukan perekaman. Dukcapil sudah saya instruksikan untuk proaktif, masyarakatnya juga harus peduli terhadap kebutuhan data kependudukannya. Jangan urus saat butuh saja, seperti saat telah sakit dan berurusan dengan BPJS, baru datangi Dinas Dukcapil. Budaya ini harus diubah”, ujar Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni disela kesibukan beliau dalam monitoring pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman Muhammad Fadhly, menjelaskan bahwa saat ini kebanyakan masyarakat yang belum melakukan perekaman ada di rantau dan sebagian lagi diwilayah pedesaan. Hal ini terlihat saat musim liburan, pusat pelayanan banyak dikunjungi perantau yang masih enggan berpindah permanen karena sering pulang kampung. “Hal ini memberi dampak kepada kondisi data kependudukan kita. Oleh karena itu, yang sudah merantau segera urus surat pindah”, ujar Fadhly. Sementara sebagian yang lain berada di wilayah nagari yang masih enggan mengunjungi pusat perekaman. Oleh sebab itu, Dinas Dukcapil menjadwalkan pelayanan berkeliling yang kunjungannya juga masih rendah dari target yang diinginkan.

Berdasarkan jadwal yang telah dilaksanakan semenjak awal tahun 2017, Dinas Dukcapil melakukan perekaman ke nagari nagari yang dijadwalkan, juga ke sekolah-sekolah SLTA untuk wajib KTP pemula.“Dengan perekaman ini, kita berusaha untuk menjaring wajib KTP pemula agar pekerjaan rumah kedepan berkurang. Selain itu, kebutuhan pemula terhadap KTP-el sangat penting. Hari ini kita melakukan perekaman di SMA 2 Lubuk Alung” ujar Muhammad Fadhly.

Jadwal-jadwal perekaman menjelang akhir tahun telah disusun untuk menyelesaikan target sampai akhir tahun. Masyarakat diminta antusias mengunjungi pusat pelayanan perekaman agar nanti tidak terjadi penghapusan data dan akan sulit mendapatkan pelayanan yang cepat dari pemerintah yang saat ini semuanya menggunakan KTP-el.

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1