Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman (13 Oktober 2017)

MASKOT UTAMA

Selama 3 (tiga) hari pada tanggal 17 sampai dengan 19 Oktober 2017, pelayanan Pedang Saber Versi 2 akan beraksi di kecamatan Lubuk Alung. Berbeda dengan pelayanan sebelumnya, pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman ini akan dilaksanakan secara online sehingga berkas langsung selesai ditempat bagi yang telah memenuhi persyaratan. "Menggunakan media internet nirkabel, pelayanan ini adalah modifikasi dari pelayanan Pedang Saber versi sebelumnya yang berlangsung secara offline. Target kita adalah masyarakat terpencil atau jauh dari akses pelayanan. Tetapi saat ini sedang uji coba di daerah berpenduduk padat yaitu di Lubuk Alung", ujar Muhammad Fadhly, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.

Sebagai pelaksana, Zeta Hidayati (Kepala Bidang Pencatatan Sipil) menjelaskan bahwa pelayanan keliling versi 2 ini lebih memudahkan bagi masyarakat karena dokumen seperti akte kelahiran langsung jadi ditempat. Lokasi pelayananpun menyesuaikan dengan kondisi masyarakat dan memperhatikan jaringan internet mobile yang tersedia di daerah tersebut. Target dari pelayanan ini adalah menyusuri daerah-daerah yang kepemilikan dokumen kependudukannya masih rendah seperti Kartu Keluarga yang tidak valid, belum memiliki akte kelahiran, akte kematian dan sebagainya. "Selama 3 hari kami akan berada di kantor Camat Lubuk Alung. 9 (sembilan) nagari di kecamatan Lubuk Alung dapat mengunjungi pelayanan ini. Kedepan, kami akan berada lebih dekat dengan masyarakat yaitu disekitar nagari dan jorong", ujar Zeta Hidayati.

Modifikasi Pelayanan Pedang saber versi 2 ini didukung oleh jaringan nirkabel bekerjasama dengan salah satu provider. "Kami menyediakan 8 peralatan jaringan nirkabel untuk mendukung pelayanan ini. Pelayanan bisa dilakukan berpindah-pindah dilokasi yang tersedia sinyal ini", ujar Anda Marzuni, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman.
Mulai tahun ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman akan melaksanakan pelayanan keliling sebagaimana sebelumnya tetapi secara online. Program ini adalah program berkelanjutan yang terus dikembangkan dengan memodifikasi apa yang telah dilakukan agar azas kemanfaatannya terus meningkat. Masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan ini selain pelayanan yang telah ada seperti di Dinas pada front office dan melalui petugas register kependudukan di nagari masing-masing.

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1