Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman (02 Oktober 2017)

IMG 0927

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus melakukan berbagai upaya untuk membantu mempermudah urusan administrasi kependudukan masyarakat. Pelayanan front office, pelayanan dilapangan yang diberi nama "pedang saber", antar jemput ke klinik untuk akte kelahiran yang diberi nama "alpa beta" dan lain sebagainya untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni terus memberikan dorongan untuk membuat terobosan baru dalam pelayanan yang dapat membantu masyarakat walaupun itu hanya sebuah hal-hal kecil yang dianggap sepele.

"Disdukcapil telah banyak melakukan perubahan, tapi saya terus mendorong untuk membuat hal-hal baru yang dapat membantu masyarakat lebih dari apa yang dilakukan sekarang," ujar Bupati Padang Pariaman disela-sela peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017 kemaren.

Hal baru yang telah dilakukan ujicoba oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman adalah pengelolaan layanan pengaduan. Bagaimana layanan ini dapat membantu anda, masyarakat Kabupaten Padang Pariaman? Banyak yang belum tahu tentang layanan ini, tetapi sudah banyak juga yang telah terbantu dengan layanan ini khususnya masalah kepindahan kembali bagi masyarakat yang kurang mampu dari perantauan ke kampung halaman. Sampai saat ini lebih dari 150 keluarga telah dibantu proses pindahnya oleh layanan ini. Contoh kasus seperti ini, si A telah lama merantau di Kota Batam, tetapi pulang kampung karena usaha bangkrut dan tidak kembali lagi ke Kota Batam. Dalam proses pulang kampung, yang bersangkutan tidak melakukan proses pindah sesuai prosedur administrasi kependudukan dimana harus melapor ke Dinas Dukcapil Kota Batam terlebih dahulu untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI). Dengan alasan ekonomi yang tidak mencukupi untuk mengurus kembali ke Kota Batam, biasanya masyarakat mendiamkan masalah ini. Atau bahkan tidak mengakui kepada petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman bahwa telah pernah punya data di Kota Batam. Dari sinilah kemudian masalah muncul. Butuh pengecekan iris mata dan sidik jari semua anggota keluarga dan harus datang ke dinas untuk melakukan itu. Hal ini tentu akan menyulitkan masyarakat (si A) itu sendiri.

Apa yang sebaiknya dilakukan? Melaporlah kepada petugas Layanan Pengaduan! Jujur dan terbukalah kepada petugas Layanan Pengaduan dengan menceritakan kejadian data yang sebenarnya. Hal ini akan semakin cepat diatasi. Lantas bagaimana prosedur ini di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman

Pada ruang front office paling kanan setelah pintu masuk, masyarakat akan menemui semua meja/loket bertuliskan layanan pengaduan. Disana telah siap seorang petugas lengkap dengan perangkat Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, saluran telepon pengaduan pada nomor 075193399 dan SMS Center/Whatsapp dengan nomor 0811 694 3000. Masyarakat cukup melapor di loket ini, petugas akan menyuguhkan selembar kertas pengaduan yang harus diisi oleh masyarakat dengan data dan kronologis permasalahan yang dihadapi. Setelah pengisian lengkap dengan wawancara petugas layanan pengaduan, selanjutnya petugas akan melakukan eksekusi terhadap penyelesaian. Masyarakat akan diberitahu tentang waktu selesai dan akan dihubungi via telepon untuk hasilnya setelah permasalahan administrasi kependudukan di atasi.

Ada 2 (dua) macam permasalahan yang ditangani yaitu : pertama, masalah yang bisa langsung ditunggu misalnya hanya masalah perbaikan data biasa; kedua, masalah yang harus menunggu atau lebih dari satu hari (biasanya permasalahan data yang berhubungan dengan daerah kabupaten/kota yang lain di Indonesia seperti SKPWNI di atas). Intinya, semua permasalahan akan dibantu penyelesaiannya.

Oleh sebab itu, jika masyarakat mempunyai permasalahan dengan administrasi kependudukan, jangan panik. Atau meminta bantuan orang lain bahkan "calo" karena dibayangi oleh sulitnya berurusan. Datanglah sendiri sehingga permasalahannya jelas. Semua akan menjadi lebih mudah dari apa yang dibayangkan.

Dan saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah menyediakan layanan online untuk pengaduan yang bisa dibuka melalui www.dukcapil.padangpariamankab.go.id pada konten "layanan online" dan menu Layanan Pengaduan. Bisa juga di kklik melalui link ini http://bit.ly/2xaiwPu . Isi data lengkap, petugas kami akan menghubungi masyarakat yang bersangkutan. Mudah, dengan syarat memenuhi persyaratan yang ditetapkan petugas dan jangan melalui orang lain.

 

 

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1