Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman/ 22 Agustus 2017

Pedang Saber Versi 2

Pelayanan administrasi kependudukan yang merupakan kebutuhan berkesinambungan bagi masyarakat terus menjadi perhatian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Luasnya wilayah dan jumlah penduduk yang banyak menjadi salah satu alasan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk terus membuka media-media pelayanan dalam berbagai bentuk dan inovasi.Targetnya adalah menjangkau semua lapisan masyarakat untuk meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan setiap individu dan melakukan pemutakhiran data penduduk agar semakin lengkap dan sesuai dengan dokumen-dokumen penting lainnya.

Pada tahun 2016, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah melaksanakan pelayanan keliling yang di label "pedang saber" yang merupakan kependekan dari Petugas Datang Semua Administrasi Beres. Walaupun dalam proses yang mengalami banyak kendala dilapangan, model pelayanan ini terus akan dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya agar lebih dekat dengan masyarakat. Dan saat ini, pada pertengahan tahun 2017 pelayana "pedang saber versi 2" mulai dilaksanakan.

Pelayanan "pedang saber versi 2" merupakan modifikasi dari pelayanan pedang saber sebelumnya dimana saat ini dilaksanakan secara online. "Keunggulannya, dokumen langsung jadi ditempat", jelas Zeta Hidayati, Kepala Bidang Pencatatan Sipil yang menjadi pananggung jawab program ini. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 21,22 dan 23 Agustus 2017, pelayanan dilaksanakan dilaksanakan di nagari Balah Hilir, Kecamatan Lubuk Alung dengan respon masyarakat yang cukup tinggi. Sekitar 100 dokumen diterbitkan setiap harinya dan langsung jadi ditempat. Dari hasil pemantauan tim pelayanan lapangan, masyarakat cukup puas dengan model pelayanan ini. Hal ini disebabkan karena masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke dinas dan tidak butuh banyak waktu untuk urusan administrasi yang diperlukan.

Zeta Hidayati menjelaskan bahwa pelayanan "pedang saber versi 2" dilaksanakan untuk semua lapisan masyarakat, tidak terbatas nagari atau kecamatan. "Karena berlangsung secara online, semua masyarakat Kabupaten Padang Pariaman boleh mendatangi pusat pelayanan yang kami buka, tidak terbatas nagari dan kecamatan", ujar Zeta Hidayati.

Pelayanan ini akan terus dijadwalkan pada nagari-nagari yang telah memiliki jaringan internet dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman juga telah mempersiapkan jaringan mobile untuk pelayanan di nagari-nagari yang tidak berjaringan internet kabel.

(Roza Marmay, Kontributor Berita Dukcapil)

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1