Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman/24 Agustus 2017

Motor AjekAkte kelahiran, dokumen yang selalu menjadi persyaratan penting untuk berurusan di berbagai pusat pelayanan publik. Karena perannya yang sangat penting, seringkali masyarakat mengurusnya disaat-saat dokumen tersebut diperlukan dan ingin cepat selesai, suatu gejala yang berkembang ditengah-tengah masyarakat sampai saat ini. Oleh sebab itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meluncurkan program baru bekerjasama dengan para pihak untuk membantu masyarakat agar lebih cepat mendapatkan dokumen kependudukan.

"Program ini kami namakan ALPA BETA, Anak Lahir Pulang Bersama Akta) yang didukung oleh AJEK (Antar Jemput administrasi Kependudukan),"terang Muhammad Fadhly, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.
Lantas, bagaimana program ini diluncurkan? Kasi Kelahiran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, M. Devid, S.STP menjelaskan bahwa program ini telah dipersiapkan perencanaannya sejak tahun 2016 dan telah di softlaunching pada awal tahun 2017. "Setelah itu kami mempersiapkan sarana dan prasarananya beserta SOP pada masing-masing stakeholder yang terlibat dalam program ini. Saat ini sudah berjalan dan kita terus membenahi prosesnya agar semakin sempurna dan menambah kerjasama dengan puskesmas-puskesmas. Klinik Aisyiah Pariaman adalah salah satu mitra kami untuk program ini. Siapa yang melahirkan di klinik Aisyiah, nanti petugas klinik akan memproses administrasinya, proses selanjutnya berjalan dan kami akan mengantarkan akte kelahiran anak yang baru lahir sebelum mereka pulang ke rumah," ujar M. Devid menjelaskan.

Ajek LogoProgram ini adalah inovasi pejabat eselon IV pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memang diwajibkan untuk terus membenahi setiap sarana yang dapat mendukung pencapaian target pelayanan akte kelahiran maupun KTP Elektronik. Program ini kemudian dikembangkan dengan 25 Puskesmas dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kerjasama dengan klinik swasta manapun yang melakukan peyananan persalinan.

Bupati Padang Pariaman sebelumnya menjelaskan bahwa program ini sangat didukung oleh pemerintah daerah. "Bahkan kita akan menambah sepeda motor A-jek sesuai kebutuhan. Yang penting pelaksanaan pelayanan dapat ditingkatkan terus menerus," ujar Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun ini meluncurkan beberapa program baru, selain Alpa Beta dan Ajek yaitu Dukcapil Weekend Service, Mitra PMI dan Kadoku KTP-elektronik bagi siswa siswa SMA.

(Roza Marmay, Kontributor Berita Dukcapil)

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1