Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman/21 Agustus 2017
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan peserta Diklat Kepemimpinan Tingka IV dari Diklat Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi pada 21 Agustus 2017. Sebanyak 79 peserta diklat meninjau ruangan pelayanan, ruang tunggu dan ruang kelengkapan pelayanan lainnya. Beberapa peserta terlihat mendokumentasikan sarana-sarana pelayanan, sebagian lagi mewawancarai petugas yang bekerja pada front office.

"Ya, kami memang ingin mengetahui lebih jelas tentang kemajuan pelayanan di kantor ini, sebelumnya hanya mendengar cerita dan informasi. Sangat bagus dan puas bisa datang kesini," ujar salah satu peserta.

Materi yang menjadi bahan pembelajaran bagi peserta saat ini adalah berpikir kreatif dan inovatif, yang sangat bermanfaat bagi peserta dalam merencanakan proyek perubahan pada masing-masing instansi peserta diklat. Peserta diklat yang berasal dari kabupaten kota di wilayah Sumatera ini didampingi oleh seorang pembimbing Sarjayadi Hadikusumo. "Kami membawa peserta ke instansi ini untuk memperluas cakrawala peserta tentang inovasi dan berfikir kreatif. Diklat pola baru memang mendidik peserta untuk melakukan inovasi-inovasi. Oleh sebab itu, kita memperkenalkan kepada mereka instansi-instansi yang banyak melakukan inovasi. Dengan begitu, mereka akan bisa belajar dan meniru inovasi yang telah dilakukan oleh daerah lain," ujar Sarjayadi, pejabat yang membidangi diklat struktural pada Pusat Diklat Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi.

WhatsApp Image 2017 08 21 at 22.30.59

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memang telah melakukan banyak inovasi pelayanan. Diantaranya pengiriman berkas masyarakat langsung ke rumah, pelayanan keliling dengan merek Pedang Saber, Anak Lahir Pulang Bersama Akta (Alpa Beta) yang saat ini bekerja sama dengan klinik Aisyiah Pariaman dan 25 Puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman dan dijemput menggunakan petugas khusus yang di brand sebagai Ajek (Antar Jemput Administrasi Kependudukan), Kadoku KTP-el yang bekerjasama dengan sekolah-sekolah bagi wajib KTP baru dan juga weekend service serta Mitra PMI untuk update golongan darah penduduk.

Selanjutnya peserta diklat melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Dukcapil dengan topik inovasi dan berpikir kreatif serta mengatasi kendala-kendala dalam melakukan perubahan. "Kita sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pencapaian target kinerja dengan melakukan inovasi-inovasi. Semua brand yang kita luncurkan adalah untuk membuka banyak ruang bagi masyarakat untuk dilayani," ujar Muhammad Fadhly, Kadisdukcapil Padang Pariaman menutup pembicaraan.

(Roza Marmay, Kontributor Berita Dukcapil)

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1