Lakukan Perekaman di Kantor Camat terdekat dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil *** *** Segera miliki KTP-el jika anda masih memegang Surat Keterangan Pengganti KTP-el dengan menghubungi Dinas Dukcapil. Bagi Wajib KTP-el Pemula, khususnya siswa-siswi SLTA, segera lakukan perekaman data biometrik ke kantor Camat setempat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari kerja. *** *** Kami akan mengunjungi rumah anda untuk merekam KTP-el bagi penduduk yang SAKIT/LANSIA/PENYANDANG CACAT, Hubungi kami di telpon 0751-93399 (jam kantor) *** *** Sesuai dengan Pasal 101 huruf c Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 diamanatkan bahwa KTP Elektronik yang diterbitkan sebelum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya. Download Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, tanggal 29 Januari 2016 pada menu DOWNLOAD *** *** Sehubungan dengan pemekaran 43 nagari di Kabupaten Padang Pariaman, dihimbau kepada penduduk nagari baru untuk melakukan perbaikan Kartu Keluarga dengan mengunjungi pusat pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau melalui petugas register nagari setempat. Pembaharuan Kartu Keluarga disertai dengan pembaharuan elemen data semua anggota keluarga dengan melengkapi dukungan dokumen penting anggota keluarga seperti Kutipan Akta Nikah, Ijazah, Kutipan Akte Kelahiran yang telah diterbitkan dan atau dokumen penting lainnya yang telah dimiliki. *** *** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membantu masyarakat Padang Pariaman yang tidak mampu mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah perantauan karena telah dan akan menetap dikampung halaman. Hubungi layanan pengaduan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jalan Dr Soehardjo No. 7 Kampung Baru Pariaman dengan mendatangi langsung petugas pengaduan kami atau tidak bisa diwakilkan karena kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi untuk daerah asal atau tempat merantau sebelumnya. Pelayanan ini tidak dipungut biaya atau GRATIS *** *** Sukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara : Tunjukkan Anda Peduli. Tanyakan kepada sanak saudara disekitar kita : Sudahkah memiliki Kartu Keluarga ? Sudahkah memiliki KTP elektronik? Sudahkah merekam data untuk KTP elektronik? Sudahkah anak anda memiliki akte kelahiran? Sudahkah melaporkan kematian jika salah satu anggota keluarga meninggal? Ajak saudara-saudara kita untuk melengkapi semua dokumen tersebut dengan mendatangi pusat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. ***

Padang Pariaman, 19 Agustus 2017

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman kembali menorehkan prestasi membanggakan bidang pelayanan publik di provinsi Sumatera Barat. Dinas ini meraih peringkat pertama pada Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sumatera Barat mengungguli unit pelayanan publik lainnya yang ikut berkompetisi pada ajang yang dilaksanakan secara berkala oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat tersebut. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit sebelum upacara penurunan bendera merah putih di Halaman Kantor Gubernur di Padang, Rabu (17/8/2016). Acara ini turut disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sumatera Barat beserta para undangan dan tamu kehormatan dan semua instansi peserta upacara penurunan bendera.

Disdukcapil Padang Pariaman meraih peringkat pertama Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik melalui seleksi ketat dari Tim Penilai yang terdiri Akademisi, Ombudsman dan Pers serta masyarakat sejak bulan April yang lalu, mengungguli beberapa instansi lainnya seperti RSU Ahmad Mukhtar, beberapa dinas Dukcapil Kab/Kota, pelayanan kecamatan di Pasaman Barat, puskesmas kota payakumbuh dan Dharmasraya dan lebih dari 20 instansi lainnya yang bersaing dalam kompetisi ini.

“Disdukcapil Padang Pariaman membuktikan bahwa berinovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi akan memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat,” kata Gubernur Irwan Prayitno. Orang nomor satu di Sumatera Barat itu juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten dan Kota bisa belajar ke Disdukcapil Padang Pariaman dalam memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan akuntabel dengan menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta fasilitas yang memadai. Selain itu dinas ini juga dilirik sebagai pilot project pembangunan Zona Integritas oleh pemerintah daerah.

Pada kesempatan terpisah, Bupati Padang Pariaman mengungkapkan bahwa Dinas Dukcapil juga sedang disiapkan sebagai pilot project pembangunan Zona Integritas. "Ya, kita sudah mencanangkan pembangunan Zona Integritas dan dinas Dukcapil sebagai instansi yang paling siap saat ini untuk kita terapkan pembangunan Zona Integritas', ungkap Bupati Ali Mukhni.

Menurut Muhammad Fadhly, Kadisdukcapil Padang Pariaman, prestasi yang diraih unit kerja yang dipimpinnya berkat motivasi dari semua pihak terutama dukungan yang diberikan Bupati Ali Mukhni dan Wabup Suhatri Bur untuk selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Selain itu, pembinaan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan slogan "Dukcapil Bisa' turut mendorong percepatan perubahan pola pelayanan ke arah yang lebih baik.
Saat ini, dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman telah menerapkan standar yang lebih baik dalam pelayanan prima dengan membenahi fasilitas pelayanan serta prosedur yang jelas. Pelayanan yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia juga salah satu cara yang sangat didukung oleh masyarakat karena menghemat biaya dan waktu masyarakat dalam mendapatkan dokumen administrasi dasar tersebut. Untuk mendukung transparansi dan peningkatan pelayanan, dinas ini juga membuka layanan pengaduan seluas-luasnya dengan berbagai media diantaranya yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat adalah melalui layanan SMS. Dinas yang pernah mendapatkan prestasi sebagai Terbaik Kedua Nasional dalam program Nasional KTP Elektronik Tahun 2012 ini juga beberapa kali menjadi objek "bencmarking" oleh Pusat Diklat Kemendagri Regional Bukittinggi.

“Seperti kata Bapak Gubernur tadi, kita manfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Ini juga berkat dukungan dari Bapak Bupati, Wabup dan DPRD. Kami di support dengan anggaran,” ujar Jebolan Alumni STPDN Angkatan VI itu.

Ditambahkannya, dinas yang melayani 458.746 penduduk ini memiliki jargon CERIA yaitu Cepat, Efisien, Responsif, Inovatif dan Akuntabel yang diterapkan sejak tahun 2012.

“Semoga penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk masyarakat Padang Pariaman,” kata Mantan Kabag Humas itu menutup pembicaraan.

Pin It

Hubungi Kami

Selamat Datang di Website Dukcapil Padang Pariaman

  • Telepon: 0751-93399
  • Fax: 0751-93953
  • SMS Pengaduan dan WA: 08116943000
  • Email Pengaduan: dukcapilceria@gmail.com
  • Pos : 25516 
  • Alamat : Jalan Soeharjo No 7 Pariaman, Sumatera Barat,
    QR Code Alamat Disdukcapil Padang Pariaman 1